Swasta Ikut Genjot SDM Dalam Negeri, Begini Caranya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 12 Apr 2022 13:37 WIB
Robot Spot Hyundai
Foto: Hyundai Motor Group
Jakarta -

Proyek Hello E-Dream yang dilakukan oleh Hyundai Engineering di Balikpapan, Indonesia, bekerja sama dengan pemerintah kota Balikpapan dan Gugah Nurani Indonesia (GNI), sebuah LSM global berfokus pada hak anak, telah membuahkan hasil untuk pertama kalinya.

Diumumkan pada 1 April lalu, Hyundai Engineering telah mengadakan acara serah terima fasilitas di ruang kelas e-learning yang telah selesai dibangun di Balikpapan, Indonesia pada tanggal 31 Maret 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Purnomo M, pejabat dari kecamatan Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara, pejabat Hyundai Engineering, pegawai Gugah Nurani Indonesia, siswa setempat, guru, dan warga sekitar.

Hyundai Engineering telah menyelesaikan pembangunan kelas e-learning pada dua sekolah di wilayah Balikpapan Timur dan Balikapapan Utara, dan berencana untuk terus berupaya membantu siswa mendapatkan pembelajaran e-learning yang berkualitas tinggi sesegera mungkin melalui konsultasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia.

Proyek Hello E-Dream adalah bagian dari kegiatan kontribusi sosial luar negeri Hyundai Engineering, 'New Hope School No. 11', program ini sangat berarti karena Hyundai Engineering memperluas cakupannya dari sponsor fisik seperti dukungan pembangunan baru, perluasan, dan renovasi menjadi dukungan pembangunan infrastruktur pendidikan sistem e-learning yang praktis dan berkelanjutan di wilayah setempat.

Untuk memperbaiki lingkungan pendidikan yang semakin buruk akibat krisis pandemi Covid-19, dan meningkatkan kesadaran masyarakat setempat terhadap sistem e-learning, Hyundai Engineering membangun ruang kelas e-learning yang dilengkapi dengan peralatan pendidikan e-learning seperti laptop, tablet, dan internet pada lima sekolah di Balikpapan, Indonesia.

Tujuan utamanya adalah memperkenalkan tiga pusat komunitas e-learning kepada penduduk setempat untuk meningkatkan akses infrastruktur pendidikan e-learning bagi masyarakat dan siswa.

Selain membangun lingkungan e-learning yang berkelanjutan, Hyundai Engineering menyediakan konten pendidikan e-learning sistematis yang sesuai dengan penduduk setempat serta menyediakan infrastruktur pendidikan e-learning yang lebih sistematis dan terpusat untuk 7.900 penduduk yang terdiri dari siswa, masyarakat, guru, dan orang tua melalui manajemen komite guru e-learning dan program pelatihan guru.

Dimulai dengan penyelesaian pembangunan dua kelas e-learning, kali ini Hyundai Engineering berencana untuk mendukung tiga kelas e-learning tambahan selama dua tahun ke depan, membangun pusat komunitas e-learning, serta mempromosikan program pendidikan dan pelatihan e-learning untuk guru.

"Proyek Hello E-Dream akan menyediakan program pendidikan e-learning yang dibutuhkan siswa setempat dengan kerja sama antara pemerintah kota Balikpapan dan LSM yang berfokus terhadap pendidikan anak. Kami berencana untuk terus mempromosikan berbagai kegiatan kontribusi sosial luar negeri di negara yang telah kita masuki, untuk dapat berkontribusi memecahkan masalah sosial dengan sungguh-sungguh," jelas Hyundai.

(fdl/fdl)