Sri Mulyani Mau Bikin Lembaga Lebih Banyak Serap Anggaran

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 15 Apr 2022 17:44 WIB
mentor keuangan
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rakornas "'Spending Better: Mewujudkan Ketahanan Fiskal' mengungkapkan jika kinerja anggaran di Kementerian/Lembaga diukur dari penyerapan anggaran.

Tapi hal itu juga perlu diimbangi dengan pelaksanaan kinerja yang baik dan ada gabungan penilaian dari Evaluasi Kinerja Anggaran melalui aplikasi Eka Smart dan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) melalui aplikasi OMSPAN yang meliputi 4 aspek dan 13 indikator utama.

Sri Mulyani mengatakan sedang menyusun reformasi belanja pemerintah agar program setiap kementerian dan lembaga dapat lebih sederhana untuk mencapai tujuan pembangunan, di samping itu juga meminta agar anggaran belanja negara dapat direalisasikan dengan tidak berlebihan dan digunakan betul-betul untuk mencapai hasil yang optimal.

Lebih lanjut ia menambahkan, kementerian keuangan akan terus melakukan pembaruan terhadap desain belanja kementerian lembaga yang tidak hanya didasarkan pada penyerapan anggaran tetapi juga terhadap target output dan outcome yang jelas.


Lembaga Administrasi Negara (LAN) berhasil meraih peringkat ketiga dari Kementerian Keuangan sebagai institusi dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021 Terbaik untuk Kategori Kelompok Kementerian/Lembaga kategori Pagu Kecil. Penghargaan yang diberikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani itu diterima langsung oleh Sekretaris Utama LAN Reni Suzana pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022, di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (13/4).

Penghargaan diberikan kepada LAN karena dinilai telah memenuhi 13 indikator utama dalam penilaian kinerja pelaksanaan anggaran dengan predikat sangat baik dengan nilai 95,98. LAN dinilai mampu mewujudkan pengelolaan anggaran yang baik di masa krisis pandemi COVID-19.

"Kinerja anggaran yang baik ini diharapkan dapat terus dijaga dan ditingkatkan melalui peningkatan kualitas belanja secara konsisten dan pola realisasi belanja yang merata sehingga setiap Kementerian Lembaga termasuk LAN memiliki ownership terhadap anggarannya," Sri Mulyani, Jumat (15/4/2022).

Sekretaris Utama LAN, Reni Suzana menyampaikan akan terus menjaga dan meningkatkan kualitas belanja LAN secara konsisten. Reni juga berharap perolehan prestasi ini akan terus memacu semangat kinerja pegawai di LAN.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada seluruh pegawai LAN atas kinerja baik yang ditorehkan. Semoga capaian ini tidak membuat kita berpuas diri dan senantiasa terus berusaha menjadi lebih baik lagi," jelas dia.

(kil/dna)