ADVERTISEMENT

Bulog Sebar 100 Ton Kedelai Subsidi Hari Ini

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Senin, 18 Apr 2022 12:09 WIB
Harga kedelai terus meroket beberapa hari ini. Hal ini membuat para perajin tahu dan tempe menjerit karena beratnya ongkos produksi.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pendistribusian kedelai subsidi sudah dimulai. Perum Bulog hari ini mengirimkan 100 ton kedelai subsidi ke wilayah Jawa Barat.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan menyikapi kenaikan harga kedelai yang bergerak harian sejak akhir 2021, Perum Bulog melaksanakan pengadaan dan penyaluran perdana kedelai pada harga lebih rendah kepada Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Kopti) di Jawa Barat.

Pada penyaluran perdana ini diberangkatkan sejumlah 8 truk yang mengangkut 100 ton kedelai yang akan disalurkan ke pengrajin melalui Primer Kopti Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Hari ini yang kita salurkan 100 ton dulu nih karena sesuai dengan daftar kebutuhan, bukan kita nggak mau, ketersediannya sudah banyak," katanya di gudang supplier kedelai FKS Multi Agro Bekasi,Senin (18/4/2022).

Ia menjelaskan 100 ton itu berasal dari kedelai impor yang didatangkan dari Amerika Serikat sebanyak 52 ribu ton.

Setelah melepas keberangkatan truk yang menndistribusikan kedelai, Budi mengatakan bahwa kenaikan harga kedelai akan berdampak pada salah satu pangan sumber protein yang murah dan dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Untuk itu, pemerintah telah menugaskan Perum BULOG untuk menyediakan pasokan kedelai pada harga yang lebih rendah dari harga pasar. Diberikan selisih Rp1.000/kg bagi pengrajin tempe tahu yang tergabung dalam Kopti.

Kemudian Ketua Gabungan Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifudin mengatakan harga pembelian kedelai ini akan berbeda di masing-masing wilayah namun tetap diberikan selisih Rp1.000/kg bagi pengrajin tempe tahu yang tergabung dalam Kopti sasaran.

"Harga pembelian kedelai oleh Puskopti Jawa Barat selaku Kopti Sasaran adalah Rp.10.250/kg di gudang suplier atau lebih murah Rp1.000/kg dari harga jual suplier di luar program. Harga tersebut berlaku untuk wilayah Jawa Barat, sedangkan wilayah lain sesuai dengan hasil lelang oleh Perum BULOG yang berbeda antar wilayah", kata Aip.

Dengan penyiapan pasokan kedelai pada harga yang lebih murah, pengrajin tahu tempe akan dapat menyiapkan tahu tempe pada harga terjangkau bagi masyarakat sekaligus kepastian pasokan untuk jaminan keberlangsungan produksi tahu tempe.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT