ADVERTISEMENT

Viral! Pabrik Milik Orang Terkaya RI Mulai Sebar THR ke Buruh: Duitnya Merah

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 20 Apr 2022 21:15 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Video pencairan THR kepada buruh di pabrik rokok Djarum viral di media sosial. Dalam video yang beredar nampak para buruh rokok Djarum sedang menghitung uang THR yang dicairkan secara cash.

Dalam salah satu video yang dilirik detikcom di akun Facebook Info Seputar Pantura, Rabu (20/4/2022), nampak buruh Djarum yang masih lengkap memakai pakaian dinas sedang menghitung uang THR yang dicairkan. Disebutkan video itu diambil di pabrik rokok Djarum Megawon, Kudus, Jawa Tengah.

Video itu diunggah Selasa kemarin. Nampak uang pecahan Rp 100 ribu berwarna merah sedang dihitung-hitung oleh para buruh pabrik.

Dilansir dari Antara, Public Affair Manajer PT Djarum Kudus Rahma Mochtar Kusumasastra mengungkapkan PT Djarum Kudus memang sedang melakukan pembayaran THR secara serempak terhadap seluruh karyawannya baik di Kudus maupun di luar daerah.

Adapun jumlah karyawan yang menerima THR pada Selasa 19 April kemarin sebanyak 52.025 orang. Tersebar di Kudus, Demak, Pati, Rembang, Jepara, Lombok, dan Temanggung.

Adapun total dana yang disediakan untuk membayar THR puluhan ribu pekerja tersebut, sebesar Rp 116,46 miliar atau mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya Rp‭ 106,1 miliar dengan jumlah pekerja pada tahun 2021 sebanyak 51.510 orang.

Uang THR yang diberikan hanya sebagian, sedangkan selebihnya ditransfer melalui rekening masing-masing pekerja demi keamanan untuk literasi perbankan.

Pantauan di brak (tempat produksi) Djarum Megawon para karyawan secara perwakilan antre di loket yang disediakan untuk pengambilan THR dengan menerapkan jaga jarak. Sedangkan besarnya THR yang diterima buruh sebesar Rp 2,38 juta per orang.

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah pun mengapresiasi dua perusahaan rokok di kota ini yang menyalurkan tunjangan hari raya (THR) terhadap para pekerjanya lebih awal, sehingga bisa segera dibelanjakan oleh pekerja untuk persiapan kebutuhan selama Lebaran.

"Kami mencatat hingga hari ini (19/4) sudah ada dua perusahaan rokok yang menyalurkan THR. Di antaranya, PT Djarum Kudus serta Sukun dengan jumlah total pekerjanya sekitar 56.025 orang," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati ditemui di sela-sela melihat penyerahan THR di gudang produksi milik PT Djarum di Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kudus, Selasa.

Seperti diketahui, Djarum adalah milik orang terkaya RI Robert Budi Hartono dan Michael Hartono. Saat ini keduanya masih menjadi orang paling kaya di Indonesia menurut Forbes.



Simak Video "Nggak Boleh Tawar-menawar! Berikut Sederet Aturan Pemberian THR"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT