Daya Beli Bergelora, Pedagang Tanah Abang Kantongi Omzet Puluhan Juta Lagi

ADVERTISEMENT

Daya Beli Bergelora, Pedagang Tanah Abang Kantongi Omzet Puluhan Juta Lagi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 22 Apr 2022 14:21 WIB
Suasana Pasar Tanah Abang 10 Hari Jelang Lebaran
Foto: Ilyas Fadilah
Jakarta -

Transaksi jual-beli di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat terpantau mulai ramai. Pedagang sibuk menawarkan jualannya, dan pembeli asyik memilah barang pilihannya.

Hidupnya kembali aktivitas di Pasar Tanah Abang membuat beberapa pedagang 'kecipratan' untung. Salah satunya adalah Deby, penjual gamis dan mini dress yang membuka lapak di blok B Pasar Tanah Abang.

"Paling tinggi sabtu minggu. Itu bisa mencapai Rp 20 juta," kata Deby kepada detikcom, Jumat (22/4/2022).

Namun menurut Deby, pendapatannya itu hanya ia dapatkan di hari Sabtu dan Minggu. Sementara hari-hari biasa hanya mendapat sekitar Rp 10 juta. Saat ditanya apakah omzet tersebut memenuhi target, ia hanya bisa mensyukurinya. "Tidak ada target, yang penting barang habis," ungkapnya.

Senada dengan Deby, Ajis, penjual pakaian di Blok F mengaku pendapatannya mulai stabil dibanding masa awal pandemi COVID-19.

"Wah parah. Rp 300.000. Pernah satu hari Rp 200.000 juga pernah," kata Ajis menjelaskan kondisi tokonya terpuruk saat itu.

Setelah pandemi melandai, penghasilan hariannya mulai stabil. Ajis kini bisa mengantongi omzet Rp 10 juta per hari. Namun menurut Ajis kondisi ini belum sepenuhnya pulih. "Tetap masih ngaruh (pandemi COVID-19), tapi masih mending tahun ini, lebih ramai," katanya.

Pada saat libur akhir pekan, omzet di toko Ajis bisa naik hingga 2x lipat. "Omzet satu hari Rp 10 juta. Sabtu dan Minggu bisa Rp 20 juta," Jelasnya. Sementara itu, pendapatan terkecil yang bisa ia bawa pulang dalam sehari adalah Rp 2 juta.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT