ADVERTISEMENT

Hati-hati Mudik Lebaran Diprediksi Macet Parah! Ini Tips Biar Lancar di Jalan

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Sabtu, 23 Apr 2022 16:15 WIB
Foto udara pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan proyek pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta–Cikampek jalur B KM 67–KM 50 akan selesai pada H-10 Lebaran 2022 sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas khususnya kendaraan kecil pada arus balik Lebaran 2022. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj.
Proyek pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022)/Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Jakarta -

Kemacetan parah disinyalir akan terjadi pada mudik Lebaran tahun ini. Pasalnya, setelah dua tahun mudik Lebaran dilarang, akhirnya pemerintah pada tahun ini memperbolehkannya.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan pilihan pemudik menggunakan jalan tol masih cukup tinggi, terutama setelah terhubung jaringan jalan Tol Trans Jawa tahun 2018.

"Eforia terjadi, jalan non tol yang biasanya ramai menjadi lebih lengang beralih memilih jalan tol. Sampai-sampai bahu jalan digunakan untuk beristirahat, karena rest area sudah tidak dapat menampung pemudik untuk istirahat," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/4/2022).

Ia memberikan tips bagi para pemudik agar perjalanannya bisa lancar saat mudik Lebaran. Pertama, hindari perjalanan di waktu puncak arus mudik dan arus balik. Kedua, hindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa. Ketiga, cek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari kepolisian. Terakhir atau keempat, update selalu informasi lalu lintas melalui channel resmi Jasa Marga, seperti Aplikasi Travoy, Twitter, Call Center 14080.

Selain itu, ia memberikan himbauan dalam hal kesiapan mudik nanti, yakni mematuhi persyaratan perjalanan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan No 38 Tahun 2022, berupa vaksinasi booster. Dianjurkan untuk vaksinasi 14 hari sebelum perjalanan.

Kemudian, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan. Lalu, mempersiapkan perbekalan selama perjalanan (makanan, minuman, serta peralatan ibadah). Jangan lupa pastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM). Selanjutnya, lakukan pengecekan tarif tol serta kecukupan saldo uang elektronik.
Terakhir, update lokasi posko layanan Kesehatan yang tersedia di rest area.

Djoko juga mengingatkan sejumlah aturan selama perjalanan juga perlu diperhatikan para pemudik. Pertama, agar selalu mengikuti rambu dan arahan petugas di lapangan. Kedua, disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol serta tidak berhenti di bahu jalan, kecuali darurat. Ketiga,, dalam kondisi darurat dapat menghubungi Call Center 14080. Keempat, dianjurkan untuk menggunakan fasilitas top up di rest area, serta menghindari top up di gerbang tol.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak juga 'Catat! Berikut Lokasi One Way-Ganjil Genap di Tol saat Mudik Lebaran':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT