Biaya Mudik JKT-SBY Pakai Mobil Pribadi Vs Transportasi Umum, Murah Mana?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 24 Apr 2022 15:00 WIB
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DIY, mulai dipadati pemudik. Pengelola bandara memprediksi ada pertumbuhan jumlah penumpang hingga 20 persen jelang Lebaran 2022.
Foto: Jalu Rahman Dewantara
Jakarta -

Pemerintah memprediksi bakal ada lonjakan kendaraan pribadi pada mudik Lebaran 2022. Prediksinya, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan dipakai pemudik.

Maka dari itu masyarakat pun diminta untuk mudik lebih awal. Mudik lebih awal untuk menghindari puncak arus mudik pada tanggal 28-30 April 2022.

Sebelum melakukan mudik lebih awal, baiknya masyarakat mengetahui dulu berapa biaya yang akan dikeluarkan. Hal ini dilakukan untuk mengatur budget yang pas. Termasuk untuk memilih moda transportasi yang mau digunakan, apakah mobil pribadi atau naik transportasi umum lainnya.

Dari simulasi yang dilakukan detikcom, untuk menggunakan kendaraan pribadi kisarannya masyarakat butuh biaya lebih dari Rp 1 juta sekali jalan.

Biaya itu dihitung untuk pengeluaran tarif tol dari Jakarta sampai Surabaya dan biaya BBM. Untuk tarif tolnya sendiri dengan melalui Tol Trans Jawa bisa mencapai Rp 746.000. Jumlah itu dikeluarkan untuk melewati sekitar 14 ruas jalan tol yang terbentang dari Jakarta ke Surabaya.

Kemudian, untuk biaya bensin bila mau menggunakan Pertalite totalnya sekitar Rp 599.760. Sementara itu, bila menggunakan Pertamax harganya akan lebih mahal sekitar Rp 980.000.

Perhitungan bensin menggunakan rata-rata penggunaan bensin 1 liter dapat menempuh perjalanan 10 kilometer. Maka bila dihitung perkiraan jaraknya, kira-kira dari Jakarta ke Surabaya butuh bensin sebanyak 78,4 liter.

Jarak Jakarta ke Surabaya bila melihat Google Maps mencapai sekitar 784 km, diambil dari titik Jakarta Pusat sekitar daerah Menteng.

Maka bila ditotal tarif tol dengan biaya BBM, bagi mobil pribadi yang menggunakan Pertalite perkiraan biayanya sebesar Rp 1.345.760. Sementara itu, bagi mobil pribadi yang menggunakan Pertamax perkiraan biayanya sebesar Rp 1.726.000.

Ingat, biaya itu belum termasuk makan di perjalanan dan hanya tarif untuk berangkat Jakarta ke Surabaya. Untuk biaya bensin juga baru hitungan kasar, belum dihitung jika terjadi kemacetan di jalan yang bisa menguras bensin.

Bagaimana dengan moda transportasi lain?

Biaya Mudik Pakai Kereta Api
Berlanjut ke moda kereta api, bagi yang berminat untuk mudik lebih awal dengan kereta api dari Jakarta ke Surabaya masih bisa buru-buru membeli tiket saat ini.

Dari pantauan detikcom di reservasi online resmi tiket PT KAI (Persero), masih ada sederet tiket yang tersedia untuk perjalanan menuju Surabaya.

Untuk perjalanan besok, 25 April 2022 detikcom menemukan ada tiket yang ditawarkan untuk 9 jenis kereta. Sayangnya, tiket yang tersisa hanya untuk kelas eksekutif.

Dari Jakarta ke Surabaya, masyarakat bisa berangkat dari Stasiun Pasar Senen ataupun Gambir. Untuk ketibaannya, ada Stasiun Surabaya Gubeng dan Pasar Turi.

Tiket paling murah ditemukan di keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, baik untuk tujuan Stasiun Gubeng dan Pasar Turi masih tersedia tiket KA Gaya Baru Malam Selatan dengan harga Rp 490.000 per orang.

Sementara untuk relasi Stasiun Gambir ke Stasiun Gubeng dan Pasar Turi masih ada sekitar 7 kereta yang tiketnya masih ada. Paling murah harganya adalah KA Sembrani dengan rute Stasiun Gambir-Pasar Turi dengan harga Rp 600 ribu per orang.

Sementara itu yang paling mahal adalah tiket dari KA Sembrani Priority rute Stasiun Gambir-Pasar Turi dengan harga Rp 1 juta per orang. Kemudian, KA Bima Priority dengan rute Stasiun Gambir-Gubeng dengan harga Rp 1 juta per orang.

Itu baru biaya tiketnya saja, belum ongkos jalan ke stasiun dan biaya makan. Belum lagi tiket dihitung per orang, bila sekeluarga ada 4 orang saja maka biaya yang dikeluarkan bisa empat kali lipat.

Biaya Mudik Pakai Pesawat
Selanjutnya, pemudik juga bisa menjajal mudik pakai pesawat. Masih banyak tiket tersedia apabila mau langsung melakukan mudik lebih awal di hari Senin 25 April 2022 besok.

Dari pantauan detikcom di dua aplikasi online travel agent, Tiket.com dan Traveloka, tiket paling murah ditawarkan Lion Air lewat Traveloka harganya mencapai Rp 798.000 per orang. Sementara di Tiket.com, tiket paling murah juga ditawarkan Lion Air hanya saja harganya sedikit mahal yaitu Rp 806.000 per orang.

Harga tiket Super Air Jet tak jauh berbeda dengan Lion Air, di Traveloka tiket termurahnya seharga Rp 811.900 per orang. Sementara di Tiket.com harga tiket termurahnya senilai Rp 819.000 per orang.

Tiket paling mahal ditawarkan Garuda Indonesia, di dua layanan online travel agent harganya sama-sama Rp 1.559.200 per orang. Tiket yang dicari adalah tiket penerbangan langsung dengan kelas ekonomi.

Sama seperti di kereta api, itu baru biaya tiketnya saja. Belum ongkos jalan ke stasiun dan biaya makan. Tambah lagi tiket dihitung per orang, bila sekeluarga ada 4 orang saja maka biaya yang dikeluarkan bisa empat kali lipat.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Malam-malam, Jalur Arteri Karawang Padat Pemudik"
[Gambas:Video 20detik]