Christian Sugiono Kaya Raya, Tanam Duit di Mana Aja?

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 14:56 WIB
Titi Kamal dan Christian Sugiono saat ditemui di kawasan Kuningan.
Christian Sugiono Kaya Raya, Tanam Duit di Mana Aja?/Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

Aktor Christian Sugiono melakoni peran sebagai pebisnis dibanding aktor layar kaca. Selain di dunia bisnis, suami dari artis Titi Kamal itu juga berinvestasi di sejumlah instrumen. Investasi pertama seorang Christian Sugiono adalah membeli ruko di pinggir Jakarta.

"Jadi investasi pertama gue itu adalah ruko. Gue konservatif, jadi kalau gue punya duit gue jadiin fisik, gue jadiin aset. Pokoknya mindset gue, duit harus jadi aset. Ruko ini di 2007 kayaknya, di umur 26 tahun," katanya dalam acara Ask d'Boss detikcom, Selasa (25/4/2022).

Christian mengatakan, keluarganyalah yang mengajari dia soal investasi pada masa muda itu. Dia bilang pada pengalamannya menanam investasi di aset sangat menguntungkan. Makanya, investasi di sektor tersebut masih dilanjutkan meski di model yang berbeda.

"Pertama kali gue beli ruko, diajarin sama keluarga gue, soalnya keluarga gue ada yang sukses properti. Gue beli ruko di pinggir kota Jakarta harga sekian, masih gambar beli terus nanti jual, eh lumayan kan. Akhirnya gue gulung lagi, gue gulung lagi," ungkapnya.

Selain properti, pemain film Jomblo ini juga mencoba investasi di reksa dana dan pasar saham. Christian mengatakan, pertama kali mencoba pasar saham juga pada saat muda.

"Main pasar saham, kemudian di tahun 2008 krisis ya, wah semuanya jeblok, gue stres, wah pusing. Soalnya nggak ngerti, kirain untung mulu, sebelumnya untung mulu. Wah kirain untung terus, kok bisanya kayak gini. Gue pikir ini bukan sesuatu bukan buat gue banget, karena itu di luar kendali gue," ungkapnya.

Meski sempat berhenti berinvestasi di pasar saham, saat ini Christian Sugiono mengaku sudah berinvestasi lagi. Karena dia telah mempelajari pengalaman dan manajemen keuangan.

"Sekarang main lagi, itu kan masih muda 2008. Sekarang gue udah lebih pengalaman, gue lebih ngerti management risk manajemen keuangan, sudah lebih paham ya gue main sekarang," lanjutnya.

Selain itu, investasi di bidang properti juga dijajalnya. Sejumlah villa yang dia bangun di Bali disewakan kembali untuk mendapatkan keuntungan.

"Itu passive income-nya bagus banget, sehingga gue gulung terus, gue gulung terus, ada beberapa properti di Bali," katanya.

Selain itu, Christian juga berinvestasi di lini bisnis milik istrinya di bidang kosmetik. Produk yang dihasilkan yakni lipstik dengan nama brand Kamalia Beauty.

Christian Sugiono juga berinvestasi di perusahaan Korea yang memiliki produk kosmetik bernama Althea. Dia juga mengaku berinvestasi di lini-lini bisnis teman-temannya.

"Kalau di bisnis gue sendiri, di mana gue founding pastinya gue majority. Tetapi kalau di bisnis orang pastinya gue minority," jelasnya.

(eds/eds)