Christian Sugiono, Modal Cuci Piring Kini Jago Bisnis

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 18:00 WIB
Rumah Titi Kamal dan Christian Sugiono
Foto: YouTube/Titi dan Tian
Jakarta -

Aktor sinetron dan film Christian Sugiono ternyata nggak banyak yang tahu bahwa lebih dulu menjalani profesi sebagai seorang pebisnis. Sejak duduk di bangku kuliah, Christian telah mendirikan perusahaan kecil-kecilan yang berfokus di IT yakni web design.

Saat ini, dia sudah memiliki banyak bisnis mulai dari di bidang informasi dan teknologi hingga properti. Dia juga menggarap bisnis kuliner dan kosmetik bersama Sang Istri. Bahkan dia juga menanam modal di sejumlah startup.

Namun perjalanan karir Christian di bidang bisnis itu tidak seinstan itu. Dia bercerita awalnya dia mendapatkan masalah yakni uang saku saat kuliah yang habis sebelum waktunya. Karena itu, akhirnya dia menjajal sejumlah pekerjaan untuk membiayai hidupnya di Jerman.

Seorang Christian Sugiono pernah menjajal pekerjaan tukang cuci piring, pelayan, hingga sebagai seorang kasir di sebuah restoran di Jerman. Hal itu dilakoninya saat masih kuliah di Technology University of Hamburg, Jerman.

Semasa dia di Jerman, orang tuanya diketahui hanya memberikan uang pada beberapa bulan awal kuliah. Untuk itu, pemeran Doni dalam film Jomblo mencari pekerjaan serabutan demi biaya kos, makan, jalan-jalan, hingga ongkos pulang ke Indonesia.

"Habis pulang dari Indonesia, pulang ke Jerman, gue cuci piring lagi, nggak ada yang tahu," katanya dalam acara Ask d'Boss detikcom, Selasa (26/4/2022).

Pria kelahiran 25 Februari 1981 itu mengaku saat menjadi kasir di sebuah restoran digaji sebesar 6 euro per jam. Dalam sehari dia bekerja dalam 10 jam dan 5 hari seminggu.

"Sebulan gue bisa dapat sekitar 1.200 euro (Rp 18.600.000; kurs Rp 15.500), itu cukup untuk segala macam," ungkapnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.