Jokowi Larang Ekspor CPO cs, Dahlan Iskan Singgung Kebijakan Sapu Jagat

ADVERTISEMENT

Jokowi Larang Ekspor CPO cs, Dahlan Iskan Singgung Kebijakan Sapu Jagat

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 29 Apr 2022 15:30 WIB
Menteri BUMN Dahlan Iskan, gagal bertemu dengan Mahfud MD Jakarta, Rabu (14/05/2014). Mahfud MD tidak hadir dalam pertemuan diskusi padepokan, bertajuk Pilpres 2014 Berkoalisi atau Berkualitas.
Dahlan Iskan/Foto: Rengga Sancaya

Maka kini, menurutnya, masih tersisa tiga pertanyaan, yaitu turun sampai berapa? Melimpah itu seperti apa? Kemudian nasib BLT bagaimana?

"Tentu bawahan, sekali lagi, akan menerjemahkan tiga hal itu dalam sebuah peraturan. Kali ini akan lebih hati-hati: jangan sampai kena sapu jagat lagi," pintanya.

Jokowi sendiri menjelaskan apa yang menyebabkan lahirnya keputusan sapu jagat itu: "Sudah empat bulan berbagai kebijakan yang dikeluarkan tidak manjur mengatasi persoalan minyak goreng," tulis Dahlan.

Lebih lanjut, Dahlan mengungkapkan, sebelum penjelasan terakhir Jokowi itu memang sempat beredar banyak rumor politik. Misalnya, Jokowi sangat marah lantaran isu tiga periode diusulkan oleh kalangan pengusaha sawit.

Sempat juga dikaitkan dengan siapa sponsor klub sepak bola milik salah satu anak presiden adalah perusahaan sawit.

"Lantas presiden ingin membersihkan diri dari isu-isu seperti itu. Yakni dengan cara bersikap tegas dalam hal minyak goreng. Ternyata tidak begitu. Latar belakang ketegasan itu adalah presiden tidak mau terjadi ironi besar yang disebut tadi: terjadi krisis minyak goreng di negara penghasil sawit terbesar di dunia," pungkasnya.


(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT