ADVERTISEMENT

Tol Laut Jadi Solusi Pemerataan Pasokan Minyak dan Gula di Timur Indonesia

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 01 Mei 2022 22:00 WIB
Tol Laut
Foto: Tol Laut (istimewa/pelni)

Kepala Badan Pangan Nasional/NFA (National Food Agency) Arief Prasetyo Adi mengatakan langkah ini juga dijadikan upaya ketersediaan pangan dalam mengefisiensi biaya logistik pangan ke wilayah Timur.

"Distribusi minyak goreng curah dan gula dengan optimalisasi fasilitas tol laut merupakan solusi, untuk ketersediaan dan stabilisasi harga pangan khususnya di wilayah tertentu. Seperti Indonesia Timur, yang umumnya masih terdapat kendala dalam logistik pangan yang disebabkan ongkos logistik tinggi dan berdampak pada kenaikan harga pada produk ataupun komoditas pangan di wilayah tertentu," ujarnya.

Arief menjelaskan bahwa Port to Port, Port to Door, Door to Door, jadi alur distribusi pangan melalui tol laut ini dari Pelabuhan ke Pelabuhan. Baru lah setelah itu, dari pelabuhan akan dikirim ke gudang, didistribusikan ke produsen, kemudian disalurkan ke pedagang pasar.

"Dengan sinergi inilah, kita dapat merealisasikan kemudahan logistik pangan, apalagi komoditas minyak goreng dan gula saat ini menjadi perhatian pemerintah maupun masyarakat," tambahnya.



Simak Video "Jokowi akan Bikin Minyak Merah, Lebih Murah dari Migor Bening"
[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT