Profil Todd Boehly, Pemilik Baru Chelsea Berharta Rp 64 T

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Sabtu, 07 Mei 2022 17:15 WIB
Todd Boehly, Co-Founder, Chairman and CEO, Eldridge, speaks during the Milken Institute Global Conference on October 19, 2021 in Beverly Hills, California. (Photo by Patrick T. FALLON / AFP)
Todd Boehly/Foto: AFP/PATRICK T. FALLON
Jakarta -

Chelsea mengumumkan bahwa mereka telah resmi mempunyai pemilik baru yaitu konsorsium Amerika Serikat (AS) pimpinan Todd Boehly. Hal ini diketahui dari laman resmi klub tersebut.

"Chelsea Football Club dapat mengonfirmasi bahwa persyaratan telah disetujui untuk grup kepemilikan baru yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter, dan Hansjoerg Wyss untuk mengakuisisi klub," demikian pernyataan resmi klub berjuluk The Blues, Sabtu (7/4/2022).

Siapa Todd Boehly yang menggantikan Roman Abramovich?

Mengutip Forbes, Sabtu (7/5/2022), kekayaan Todd Boehly mencapai US$ 4,5 miliar atau Rp 64,3 triliun (kurs Rp 14.300). Todd Boehly mendirikan perusahaan Eldridge Industries pada 2015 setelah membangun Guggenheim Partners dan menjabat sebagai presiden.

Eldridge Industries tumbuh menjadi perusahaan induk yang memayungi beberapa sektor industri seperti asuransi, manajemen aset, teknologi, olahraga, media, real estate, dan restoran.

Todd Boehly juga merupakan pemegang saham minoritas di klub basket, Los Angeles Lakers dan tim bisbol, Los Angeles Dodgers. Sekarang Todd Boehly telah resmi menjadi bos Chelsea yang baru.

Sebagai informasi, pemilik baru Chelsea total mengeluarkan dana £ 2,5 miliar atau Rp 44,72 triliun (kurs Rp 17.890) untuk membeli saham di klub. Kemudian uang itu disimpan ke rekening bank Inggris yang dibekukan untuk disumbangkan demi tujuan amal seperti niat Roman Abramovich.

Selain itu, pemilik baru Chelsea juga bakal memberikan dana senilai £ 1,75 miliar untuk kepentingan Chelsea. Kepentingan klub tersebut termasuk investasi di Stadion Stamford Bridge, akademi tim, tim wanita, serta melanjutkan pendanaan Chelsea Foundation.

Penjualan antara Chelsea dan pemilik baru diperkirakan selesai pada akhir Mei.

(ara/ara)