ADVERTISEMENT

Nggak Jadi di Istora, Buruh Akhirnya Gelar May Day di Stadion Utama GBK

Aulia - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 10:31 WIB
Vaksinasi massal COVID-19 digelar bagi warga ber-KTP DKI Jakarta hari ini. Salah satu lokasi yang dipilih adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).
Foto: Andika Prasetia
Jakarta -

Buruh akan menggelar May Day pada 14 Mei 2022 di dua tempat yakni DPR dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan pihaknya telah mendapatkan izin langsung dari Direktur Utama GBK, Rakhmadi Afif Kusumo untuk menggunakan Stadion Utama.

"Sudah dapat izin 2 hari yang lalu. Izin langsung dari Dirut pengelola Kompleks GBK bapak Rakhmadi. Beliau menelpon saya katanya 'oke setuju' bahwa Stadion Utama GBK Senayan boleh dan diizinkan digunakan buruh untuk acara May Day Fiesta 14 Mei," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (9/5/2022).

"Tetapi hanya di tribun nggak boleh di lapangan bolanya. Nanti di lintasan atletiknya ada panggung. Selebihnya seluruh buruh di tribun," jelasnya.

Dia menjelaskan izin ini diberikan karena dibantu oleh Sekretariat Negara, di mana pihak buruh telah mengirim surat izin langsung. Pertimbangan menggunakan Stadion Utama GBK ini karena bisa menampung jumlah massa 50 ribu lebih.

"Setelah sebelumnya Istora dan JIS sudah diizinkan tetapi jumlah massanya 50 ribu lebih tidak muat, mobilisasi DPR terdekat maka pilihannya GBK dan sudah diizinkan langsung oleh dirutnya," tuturnya.

"Pemberian izin stadion utama GBK Senayan atas bantuan yang difasilitasi oleh Setneg, Mabes Polri dan Polda Metro Jaya demi keamanan dan ketertiban acara yang dihadiri lebih dari 50 ribu buruh," lanjutnya.

Sebagai informasi, sebelumnya buruh berencana akan menggelar May Day Fiesta di Istora Senayan pada 14 Mei 2022. Namun, pada Jumat lalu pihak manajemen GBK sempat memberikan rilis bahwa pada 14 Mei kawasan GBK khususnya Istora Senayan tidak bisa digunakan karena masih proses pemeliharaan.

Tidak hanya itu, manajemen GBK juga mengungkap bahwa tidak ada reservasi atau izin untuk Hari Buruh di tanggal tersebut.

Pada hari berikutnya, buruh mengklarifikasi bahwa pihaknya telah mengajukan izin baik surat secara langsung, telepon dan reservasi meski belum memberikan DP untuk pemesanan. Buruh mengaku izinnya yang diajukan tidak mendapatkan respon hingga hari itu.

Hingga akhirnya kemudian, pihak buruh mengirim surat ke Otoritas Pemilik GBK yakni Sekretariat Negara. Said Iqbal dalam konferensi pers mengaku telah mendapatkan respon untuk izin menggunakan Istora Senayan.

Kemudian hari ini, Iqbal menegaskan akan menggelar May Day Fiesta di Stadion Utama GBK. Keputusan itu berdasarkan izin dari Dirut GBK Rakhmadi Afif Kusumo.



Simak Video "Buruh Demo di DPRD Sumut Desak UU Cipta Kerja Dicabut!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT