Jokowi Mau Ketemu Elon Musk, Apa yang Dibahas?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 20:00 WIB
FILE PHOTO: Tesla Chief Executive Office Elon Musk speaks at his companys factory in Fremont, California, U.S., June 22, 2012.   REUTERS/Noah Berger/File Photo
Foto: Reuters
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS). Saat ini, pihaknya sedang mengatur pertemuan tersebut.

"Oh ya ketemu, sekarang lagi kita atur ketemunya maunya di mana jadinya gitu," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (9/5/2022).

Luhut sendiri belum memaparkan apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan antara Jokowi dan orang terkaya di dunia tersebut. Meski demikian, Luhut menuturkan, saat ini tim Tesla sedang berada di kantornya. Rencananya, tim dari Tesla juga akan berkunjung ke Morowali.

"Sekarang timnya Tesla ada di kantor saya sedang bicara, tadi makan siang, nanti makan malam. Besok mereka akan ninjau ke lapangan, ninjau ke Morowali ke mana-mana itu," ujarnya.

Menurut Luhut, tim Tesla hingga saat ini puas dengan data mereka dapat. Meski begitu, Luhut belum memaparkan apa maksud tim Tesla hadir di kantornya.

"Tadi mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini," ujarnya.

Rencana Jokowi bertemu dengan Elon Musk memang sempat disinggung Luhut beberapa waktu lalu. Hal itu disampaikan Luhut di Instagramnya saat berbagi cerita mengenai pertemuannya dengan Elon Musk.

Mengutip dari Instagram resminya @luhut.pandjaitan, Luhut tidak menyangka Elon Musk mau meluangkan waktu dan menyambutnya bersama rombongan dengan ramah. Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih satu jam, dan Luhut pun memaparkan bahan baku baterai kendaraan listrik sedang dieksplorasi di Indonesia.

"Saya tidak menyangka akan disambut dengan ramah dan bersahabat oleh CEO Tesla, Inc. Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas. Pertemuan ini memang yang pertama kalinya bagi saya dan Elon, tetapi sebetulnya komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan. Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral," ujar Luhut.

Menurut asisten Elon, kata Luhut, tidak biasanya Elon menerima tamu seperti kali ini. Alhasil, Luhut pun mengaku penasaran ada apa gerangan Elon mau menerima dirinya bersama rombongan?

Buka halaman selanjutnya buat dapat informasi lebih lengkap.