Banyak Follower Bukan Jaminan diminati Sponsor

Edward F. Kusuma - detikFinance
Jumat, 13 Mei 2022 19:12 WIB
Jakarta -

Bagi anda yang ingin membuka peluang cuan dari media sosial, jangan takut. Jumlah followers yang tinggi bukanlah jaminan untuk mendapatkan sponsor dari brand. Firmansyah, Development Manager StarngageID menjelaskan, ada hal lain yang membuat akun seseorang dilirik oleh para calon pengiklan yang mengajak bekerja sama.

"Misalnya ada akun jumlah followers-nya 2 juta. Tapi kalau dia posting, yang nonton cuma 2000. Itu kan timpang sekali, jadi kita harus pilih-pilih juga," ungkap Firmansyah dalam d'Mentor, Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut Firmansyah mengungkapkan, followers hanya berpengaruh pada jangkauan sasaran audiens. Padahal, ada banyak cara untuk mendorong reach agar menjangkau lebih banyak penonton.

"Jumlah followers banyak itu lebih berpengaruh ke reach ya. Kalau engagement rate-nya itu 3 hingga 5 persen ke atas, brand akan sangat tertarik. Apalagi sekarang followers bisa dibeli, jadi kita (brand) harus pinter-pinter juga gitu ngelihatnya," lanjut Firmansyah.

Attiude seorang content creator, menurut Firmansyah adalah faktor lain yang dilihat oleh sponsor. Bagaimanapun juga, kerja sama antara influencer dengan brand akan berjalan dengan baik apabila kedua pihak saling mengakomodasi kepentingan masing-masing.

Demikian juga pola komunikasi influencer dengan penonton. Semakin sering seorang content creator berdialog dengan followers-nya, akan menambah nilai engagement yang bisa dilihat oleh para sponsor.

"Biasanya kita lihat juga si content creator ini ramah nggak sama followers-nya. Dia kalau pas live streaming engage ke penonton nggak, atau dia rajin balesin komentar nggak. Itu faktor lain yang jadi pertimbangan brand untuk ajak kerja sama," tutup Firmansyah.

Saksikan juga Video Lengkap d'Mentor: Berburu Saweran Gift di Live Media Sosial

[Gambas:Video 20detik]



(vys/edo)