Catat Bun! Begini Cara Beli Minyak Goreng Rakyat Rp 14.000/Liter

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 17 Mei 2022 14:47 WIB
Minyak goreng curah
Foto: Dok.detikfinace
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) luncurkan program MigorRakyat yang menjual minyak goreng curah Rp 14.000 per liter.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan program ini nantinya ada di ritel tradisional yang dekat dengan pasar rakyat. Hal itu bertujuan agar distribusi dapat tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Program MigorRakyat ini seperti kita lihat, adalah proses transaksi tunai menggunakan aplikasi digital untuk kepada yang membutuhkan daripada minyak goreng curah Rp 14.000/liter," kata Lutfi saat peluncuran program MigorRakyat di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

"Jadi ini maksudnya akan mendekati pasar ritel trandisional, bukan ritel modern. Jadi ini maunya di ritel tradisional yang dekat dengan kepadatan penduduk," lanjutnya.

Lantas bagaimana cara mendapatkan minyak goreng curah Rp 14.000/liter:

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan mengatakan masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng curah Rp 14.000/liter melalui program MigorRakyat di ritel tradisional yang bertanda khusus Program MigorRakyat.

Kedua, untuk transaksinya, menggunakan platform Gurih Indomarko dan Warung Pangan ID Food. Ketiga, pembelian dibatasi hanya 1 atau 2 liter per hari berbasis kartu identitas atau KTP.

Sementara untuk pembelian melalui Warung Pangan bisa dilakukan di mitra-mitra ID Food. Direktur Utama PT PPI Nina Sulistyowati mengatakan telah dan akan terus melakukan sosialisasi dengan spanduk-spanduk bertanda khusus untuk Program MigorRakyat di mitra Warung Pangan.

Saat ini mitra warung pangan PPI sejumlah 69.000 yang tersebar di 27 titik kota di Indonesia. "Kami memastikan saluran pendistribusian minyak goreng melalui UMKM-UMKM yang merupakan mitra Warung Pangan di berbagai kota, dimana dengan aplikasi WP ini juga dapat memonitor harga jual yang ditetapkan pemerintah sampai ke pengguna akhir," disampaikan Nina.



Simak Video "Zulhas Pastikan Minyak Goreng Curah Tetap Ada di Pasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)