ADVERTISEMENT

Wilmar Tegaskan Tak Terkait PT Citra yang Setop Beli Sawit Petani di Riau

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Mei 2022 16:25 WIB
A worker transports palm oil fresh fruit bunches during harvest at a plantation in Kampar regency, Riau province, Indonesia April 26, 2022. Picture taken April 26, 2022. Picture taken April 26, 2022. REUTERS/Willy Kurniawan
Foto: REUTERS/WILLY KURNIAWAN
Jakarta -

Wilmar Group menegaskan seluruh lini usahanya masih menerima pasokan kelapa sawit dari petani. Sebelumnya, dalam keterangan bersama petani sawit disebutkan ada salah satu pabrik kelapa sawit yang masuk grup Wilmar menghentikan pembelian pasokan tandan buah segar (TBS) dari petani.

Pabrik kelapa sawit yang dimaksud adalah Citra Riau Sarana di Kuantan Singingi, Riau. Petani menyebut pabrik itu merupakan bagian dari Wilmar. Namun, Wilmar Group menegaskan pabrik itu bukan bagian dari lini usahanya.

"Wilmar menyatakan bahwa perusahaan yang diberitakan, PT Citra Riau Sarana di Kuantan Singingi, Riau yang menghentikan pembelian tandan buah segar (TBS) dari petani bukanlah bagian dari Wilmar," ungkap Plantation Head Wilmar Simon Siburat dalam keterangannya, yang diterima detikcom, Selasa (17/5/2022).

Simon mengatakan hingga saat ini Wilmar dan pabrik kelapa sawitnya tetap menerima pasokan dari petani, baik plasma, inti, maupun masyarakat. Perusahaan sangat menghargai petani sebagai salah satu sumber pemasok utama kelapa sawit.

"Selain itu, Wilmar juga membeli TBS dengan harga sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Simon.

Sebelumnya, Dalam pernyataan bersama dari Serikat Petani Indonesia (SPI) dan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), petani menduga ada permainan penetapan harga TBS yang dilakukan oleh pabrik kelapa sawit. Hal itu membuat harga jual TBS dari petani makin anjlok.

Bukan cuma masalah harga yang turun, saat ini hasil TBS para petani juga banyak yang tidak bisa diserap. Terlebih lagi dengan adanya larangan ekpsor kelapa sawit, ada beberapa pabrik kelapa sawit tutup dan membuat produk para petani tidak bisa diserap.

SPI dan SPKS mencontohkan, hal ini dihadapi petani kelapa sawit di Kabupaten Kuantan Singingi. PT Citra yang disebut petani adalah perusahaan dalam jaringan Wilmar yang memiliki 3 pabrik kelapa sawit sampai dengan saat ini masih tutup.

"Praktik yang ditemui di lapangan pun telah terjadi antrean yang panjang dan lama untuk pengiriman TBS dari petani swadaya," kata para petani dalam keterangannya, Jumat 13 Mei kemarin.

Lihat juga Video: Perwakilan KSP Datangi Massa Petani Sawit, Ajak Perwakilan Dialog

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT