10 Negara dengan Pengangguran Tertinggi di Dunia 2022, RI Masuk?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 15:12 WIB
Tingkat pengangguran di Inggris terus melonjak. Angka pengangguran naik dari 3,9% menjadi 4,1% hingga Juli lalu. Hal itu menjadi angka tertinggi dalam dua tahun.
Foto: Getty Images/Dan Kitwood
Jakarta -

Tingkat pengangguran adalah persentase pekerja yang menganggur, dalam total angkatan kerja. Pengangguran sendiri didefinisikan sebagai istilah seorang atau pekerja yang saat ini tidak bekerja, meskipun mereka dapat melakukannya.

Dilansir dari laman World Population Review, Rabu (18/5/2022), tahun 2021, tingkat pengangguran global diperkirakan mencapai antara 6,3% sampai dengan 6,5%.

Ketika ekonomi tumbuh pada tingkat yang baik, pasar lapangan kerja akan berlimpah dan tingkat pengangguran turun. Sementara, ketika ekonomi mengalami resesi atau turbulensi lainnya, pasar lapangan kerja cenderung turun. Akibatnya, tingkat pengangguran meningkat.

Di Amerika Serikat sendiri, Biro Statistik Tenaga Kerja menggunakan 6 metode berbeda untuk menghitung tingkat pengangguran. Statistik pengangguran yang paling banyak digunakan adalah U-3.

U-3 adalah metode untuk mendefinisikan orang yang menganggur sebagai orang yang mau dan mampu bekerja dan yang telah secara aktif mencari pekerjaan dalam empat minggu terakhir. Mereka yang ingin bekerja tetapi tidak mampu, seperti penyandang disabilitas, tidak dianggap menganggur. Dalam statistik U-3, jumlah orang yang menganggur akan dibagi dengan jumlah orang dalam angkatan kerja dan dikalikan dengan 100.

Lalu, apa negara dengan angka pengangguran tertinggi? simak daftarnya di bawah ini:

Daftar 10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Dunia 2022

Dilansir dari laman World Population Review, Rabu (18/5/2022), berikut adalah daftar negara dengan pengangguran tertinggi di dunia:

  • Afrika Selatan: Tingkat pengangguran 29,2%
  • Kosovo (Negara bagian yang diakui sebagian di Eropa Tenggara): Tingkat pengangguran 26,2%
  • Djibouti: Tingkat pengangguran 26,1%
  • Tepi Barat dan Jalur Gaza, Palestina: Tingkat pengangguran 25,9%
  • Guinea Khatulistiwa: Tingkat pengangguran 25,0%
  • Botswana: Tingkat pengangguran 24,9%
  • Granada: Tingkat pengangguran 22,9%
  • Eswatini: Tingkat pengangguran 22,7%
  • Lesotho: Tingkat pengangguran 22,4%
  • Gabon: Tingkat pengangguran 20,4%

Dampak Pengangguran

Pengangguran memiliki banyak efek buruk. Adapun yang termasuk termasuk dampak pengangguran adalah peningkatan depresi dan masalah kesehatan mental, peningkatan tingkat kejahatan, produktivitas dan konsumsi ekonomi yang lebih rendah secara keseluruhan.

Namun, tingkat pengangguran yang sangat rendah juga bisa menciptakan tantangan ekonomi, seperti inflasi. Hal itu terjadi di mana ketika semua orang bekerja, dan memiliki banyak uang untuk dibelanjakan. Akibatnya, permintaan produk bisa melebihi penawaran, sehingga menyebabkan kenaikan harga yang menyebabkan kenaikan biaya hidup. Hal tersebut tentunya merupakan dampak yang sangat berat bagi warga negara di negara berkembang atau berpenghasilan rendah.

Demikian informasi daftar 10 negara dengan pengangguran tertinggi di dunia.

(fdl/fdl)