McD RI Dipasok 700 Ribu Ayam dari Peternakan di Cianjur, Intip di Sini

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 16:14 WIB
Peternakan Ayam di Cianjur yang Pasok ke McDonalds Indonesia
Foto: Dok. Video McDonald's Indonesia
Jakarta -

McDonald's Indonesia memperkenalkan peternakan ayam yang selama ini membantu restoran cepat saji itu memasok ayam di seluruh gerai di Indonesia. Mengingat menu favorit di gerai McDonalds's adalah ayam, perusahaan memasok ayam di peternakannya hingga ratusan ribu ekor ayam.

Dalam video yang ditampilkan McDonald's Indonesia, peternakan yang terletak di Cianjur, Jawa Barat itu memiliki 20 kandang. QA Manager McDonald's Imam Gazali mengatakan mengatakan, satu kandang bisa menampung 35 ribu ekor ayam.

Jika dikalikan 20 kandang artinya kapasitas peternakan bisa menampung hingga 700 ribu ekor ayam. "Peternakan ini satu kandang ada 35 ribu ayam, itu satu kandang kan tetapi di sana ada 20 kandang dia," katanya dalam konferensi virtual tour Peternakan McDonald's Indonesia, Rabu (18/5/2022).

Peternakan McDonald's Indonesia ini dikelola oleh PT. QL Trimitra. Luas peternakan tersebut sebesar 14 hektar. Adapun kebutuhan ayam diproduksi McDonald's Indonesia dari peternakan ayam mencapai 900 ribu ayam perbulannya.

Peternakan Ayam di Cianjur yang Pasok ke McDonald's IndonesiaPeternakan Ayam di Cianjur yang Pasok ke McDonald's Indonesia Foto: Dok. Video McDonald's Indonesia

"Kalau kebutuhan ayam ini McDonald's per harinya bisa mencapai 30 ribu tadi. Kalau kami satu bulannya menghabiskan 900 ribu ayam," lanjutnya.

Terkait teknologi dan perawatan ayam di peternakan McDonald's ini, Imam mengatakan peternakan ayam haruslah tertutup untuk menghindari bakteri dan virus serta kenyamanan dari ayam.

Lalu, lebih lanjut Imam mengatakan sejak ayam akan dimasukkan ke peternakan. Ia mengatakan, sejak awal akan dimasukkan, ayam akan dipisahkan antara jantan dan betina. Hal ini berkaitan dengan persaingan makanan pada ayam.

"Jadi sejak awal dimasukkan akan dipisahkan antara jantan dan betina. Karena biasanya jantan lebih agresif dan lebih banyak makannya. Kalau begitu kan betina bisa tersaingi, nantinya bisa tidak tercapai," jelasnya.

Peternakan ini menggunakan teknologi untuk menjaga kualitas ayamnya. Lanjut di halaman berikutnya.



Simak Video "Kata Warga Rusia soal Cita Rasa Restoran Baru Pengganti McDonald's"
[Gambas:Video 20detik]