Bayar Tol Tak Pakai Kartu Lagi? Kepala BPJT: Mulai Akhir Tahun Ini

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 16:51 WIB
Mulai besok seluruh Gerbang tol hanya melayani non-tunai. Yuk segera gunakan kartu elektronik (e-Toll).
Bayar Tol Tak Lagi Pakai Kartu Mulai Akhir 2022/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Media sosial sedang diramaikan dengan kabar uang elektronik kartu E-toll tidak akan dipergunakan lagi di gerbang tol pada akhir tahun ini. Dikabarkan bahwa nantinya pembayaran tol akan digantikan dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Berdasarkan keterangan dari sumber detikcom di Bank Indonesia (BI) menyebutkan jika saat ini BI dan Kementerian PUPR sedang mendiskusikan konsep desain dan model bisnis MLFF. Termasuk ekosistem sistem pembayarannya.

"Ke depan secara bertahap, uang elektronik chip based (uang elektronik kartu) akan digantikan dengan moda pembayaran server based," ujar sumber tersebut dikutip, Rabu (18/5/2022).

Dia mengungkapkan, server based yang dimaksud adalah uang elektronik, dompet elektronik atau sumber dana lainnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit juga pernah mengatakan sistem MLFF ini akan mulai diperkenalkan pada akhir 2022 atau akhir tahun ini. Langkah ini menjadi inovasi dan transformasi digital di jalan tol dengan konsep intelligent toll road system (ITRS).

"Mulai akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money," ucap Danang dalam keterangannya pada Maret lalu.

Dana juga menjelaskan teknologi MLFF akan diuji coba di beberapa ruas jalan tol pada tahun ini dan ditargetkan dapat beroperasi 100% pada akhir 2023.

Dengan kata lain, mulai akhir tahun ini pengguna sudah tidak akan menggunakan kartu e-toll untuk membayar biaya jalan tol lagi, melainkan dengan sistem MLFF.



Simak Video "Jangan Sembarangan Pinjamkan e-Toll, Ini Beda Sistem Tol Tertutup-Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)