Bisa Bikin Ayam Nyaman, Intip Teknologi Peternakan McD di Cianjur

ADVERTISEMENT

Bisa Bikin Ayam Nyaman, Intip Teknologi Peternakan McD di Cianjur

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 17:02 WIB
Peternakan Ayam di Cianjur yang Pasok ke McDonalds Indonesia
Foto: Dok. Video McDonald's Indonesia
Jakarta -

McDonald's Indonesia mengungkap bagaimana teknologi dari peternakan ayam perusahaan yang selama ini menghasilkan menu ayam di seluruh gerai di Indonesia.

Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka mengatakan dalam peternakan ayam milik perusahaan ada beberapa proses pengecekan berkala hingga teknologi untuk kenyamanan dari ayam.

"Termasuk penggunaan sistem ventilasi khusus untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk, memberikan ruang gerak yang cukup, melakukan kontrol kualitas dan kuantitas pakan ternak serta menciptakan lingkungan dan tempat berjalan yang menyerupai habitat alami," dalam konferensi virtual tour Peternakan McDonald's Indonesia, Rabu (18/5/2022).

Selain itu untuk menjaga keamanan, McDonald's Indonesia juga menerapkan prosedur keamanan hayati atau biosecurity. Prosedur ini meliputi sanitasi yang berarti menjaga kebersihan semua elemen, baik dari para pekerja hingga ekosistem kandang, juga proses isolasi yakni sebuah tindakan untuk mencegah kontak di antara hewan pada suatu area atau lingkungan.

"Tindakan yang paling penting dalam pengendalian penyakit adalah meminimalkan pergerakan hewan dan kontak dengan hewan yang baru datang," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, QA Manager McDonald's Imam Gazali menambahkan selain itu, kandang untuk peternakan wajib tertutup untuk menghindari bakteri dan virus dari luar.

Kemudian, sejak awal akan dimasukkan, ayam akan dipisahkan antara jantan dan betina. Hal ini berkaitan dengan persaingan makanan pada ayam.

"Jadi sejak awal dimasukkan akan dipisahkan antara jantan dan betina. Karena biasanya jantan lebih agresif dan lebih banyak makannya. Kalau begitu kan betina bisa tersaingi, nantinya bisa tidak tercapai," jelasnya.

Lanjut di halaman berikutnya.



Simak Video "Kata Warga Rusia soal Cita Rasa Restoran Baru Pengganti McDonald's"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT