Harga Masker Merosot, Cuan Penjual di Pasar Pramuka Melorot

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 20:00 WIB
Suasana Pasar Pramuka
Foto: Suasana Pasar Pramuka (Ilyas Fadilah/detikcom)
Jakarta -

Harga masker di tahun ketiga pandemi COVID-19 mengalami penurunan. Masker yang sempat dijual jutaan rupiah saat awal pandemi kini hanya dibanderol ratusan ribu saja.

Menurut keterangan pedagang di Pasar Pramuka, Jakarta, penurunan harga masker terjadi seiring dengan melandainya kasus COVID-19. Selain itu stok masker yang melimpah juga berpengaruh terhadap harga masker.

"Kalau ini (masker Sensi) dulu dijual ratusan sampe jutaan. Tapi sekarang udah normal. Kalau yang 3M lebih mahal, pernah dijual Rp 1,5 juta per box," kata Dwi, penjual masker di Pasar Pramuka kepada detikcom, Rabu (18/5/2022).

Alam, pedagang lain di Pasar Pramuka mengungkapkan hal yang sama. Ia menyebut jika harga masker sekarang mulai kembali ke harga normal. Masker di Pasar Pramuka dijual mulai dari Rp 17.000 sampai ratusan ribu rupiah.

"Kalau sekarang sudah normal, cuman dulu memang sempat jutaan. Tapi itu juga tergantung tokonya, kan beda-beda," katanya. Harga masker Sensi isi 40 di Pasar Pramuka sekarang adalah Rp 135.000 sampai Rp 155.000. Sedangkan masker 3M 810 isi 20 dijual antara Rp 200.000 sampai Rp 350.000.

Alam menyebut jika merk masker lainnya juga mengalami penurunan harga. Kondisi ini terjadi setelah jumlah permintaan masker mulai menurun. Menurut Alam konsumen di tokonya berasal dari perseorangan, klinik, hingga rumah sakit.

Selain harga yang turun, pedagang menyebut ada penurunan omzet harian. "Kalo pas awal corona rata-rata sehari bisa dapat Rp 40 juta. Sekarang paling Rp 20 juta," kata Alam.

Pedagang sudah mendengar kabar pelonggaran penggunaan masker yang diumumkan presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa kemarin. Namun mereka belum tahu apakah kebijakan tersebut bakal mempengaruhi penjualan masker di Pasar Pramuka atau tidak.

"Ya kalo yang ngirimnya nurunin kita juga ikut nurunin," kata Dwi. Namun Dwi memperkirakan kalau pun ada penurunan harga masker maka hanya terjadi pada masker-masker biasa. Sementara merk Sensi dan 3M tidak akan turun terlalu drastis.

Simak Video 'Pandemi Belum Dicabut, Ahli Menilai Masker Masih Sangat Diperlukan':

[Gambas:Video 20detik]




(das/das)