Canggihnya Peternakan di Cianjur yang Pasok 700 Ribu Ayam ke McD

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 08:30 WIB
Peternakan Ayam di Cianjur yang Pasok ke McDonalds Indonesia
Foto: Dok. Video McDonald's Indonesia
Jakarta -

Terkenal dengan menu ayamnya yang menjadi favorit masyarakat, McDonald's Indonesia memperkenalkan peternakan ayam memasok ayam hingga ratusan ribu ekor ayam.

Peternakan yang dikelola oleh PT QL Trimitra terletak di Cianjur, Jawa Barat dan berisi 20 kandang. Satu kandang bisa menampung 35 ribu ekor ayam. Jika dikalikan artinya kapasitas peternakan bisa menampung hingga 700 ribu ekor ayam.

Associate Director of Communications McDonald's Indonesia, Sutji Lantyka mengatakan dalam peternakan ayam milik perusahaan ada beberapa proses pengecekan berkala hingga teknologi untuk kenyamanan dari ayam.

"Termasuk penggunaan sistem ventilasi khusus untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk, memberikan ruang gerak yang cukup, melakukan kontrol kualitas dan kuantitas pakan ternak serta menciptakan lingkungan dan tempat berjalan yang menyerupai habitat alami," terangnya dalam konferensi virtual tour Peternakan McDonald's Indonesia, Rabu (18/5/2022).

Dia juga bilang pihaknya juga menerapkan prosedur keamanan hayati atau biosecurity. Prosedur ini meliputi sanitasi yang berarti menjaga kebersihan semua elemen, baik dari para pekerja hingga ekosistem kandang, juga proses isolasi yakni sebuah tindakan untuk mencegah kontak di antara hewan pada suatu area atau lingkungan.

"Tindakan yang paling penting dalam pengendalian penyakit adalah meminimalkan pergerakan hewan dan kontak dengan hewan yang baru datang," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, QA Manager McDonald's Imam Gazali menambahkan kandang untuk peternakan juga wajib tertutup untuk menghindari bakteri dan virus dari luar. Lalu, sejak awal ayam akan dimasukkan ke peternakan, akan dipisahkan antara jantan dan betina.

"Jadi sejak awal dimasukkan akan dipisahkan antara jantan dan betina. Karena biasanya jantan lebih agresif dan lebih banyak makannya. Kalau begitu kan betina bisa tersaingi, nantinya bisa tidak tercapai. Ini berkaitan dengan persaingan makanan pada ayam," jelasnya.

Pembagian makan dan minum untuk ayam yang ukuran kecil dan besar juga berbeda. Semakin tinggi atau besar ayam, maka kapasitas makanan dan minumannya pasti bertambah.

"Untuk minum juga kami ada filter untuk minum. Hal ini diperlukan untuk menghindari bakteri dan virus," pungkasnya.

Tidak hanya itu, kandang ayam juga difasilitasi fan atau penyaring udara. Hal ini dilakukan untuk sirkulasi udara yang baik di kandang. "Makanya di dalam kandang itu banyak fan-fan ini untuk mengatur sirkulasi udara," ujarnya.

Suhu di dalam kandang juga diperhatikan, Imam menerangkan untuk suhu kandang yang terlalu panas atau dingin juga tidak baik untuk kondisi ayam. Luasan dari satu kandang juga diperhatikan.

Imam mengklaim semua prosedur dan sistem yang kami terapkan di kandang ayam sudah sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

"Hal ini menjadi elemen yang sangat signifikan bagi kami, karena kenyamanan ayam memiliki peranan penting untuk memastikan daging ayam yang kami sajikan memiliki kualitas terbaik," tutur Imam.

Simak juga Video: Beda Segmen Bisnis Fried Chicken Gerobakan dengan KFC-McD

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)