ADVERTISEMENT

Klaim Halal, McD Indonesia Pamer Bukti Pemotongan Ayamnya di Cianjur

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 17:32 WIB
Peternakan Ayam di Cianjur yang Pasok ke McDonalds Indonesia
Foto: Dok. Video McDonald's Indonesia
Jakarta -

McDonald's Indonesia mengatakan pemotongan ayam yang dilakukan rumah pemotongan ayam perusahaan dijamin halal. QA Manager McDonald's Imam Gazali menjelaskan, hal itu dibuktikan dengan sertifikasi yang telah didapat perusahaan dari Majeli Ulama Indonesia (MUI) dan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan.

"Kami memastikan semua suplai ayam McDonald's tersertifikasi halal. Kalau dulu ada fatwa halal dari MUI, melalui pemerintah juga BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Kementerian Agama juga melakukan sertifikasi halal ini," katanya dalam konferensi virtual tour Peternakan McDonald's Indonesia, Rabu (18/5/2022).

Selain sertifikasi halal, Imam juga menjelaskan proses pemotongan di rumah potong juga dilakukan dengan teknik pemotongan halal. Rumah pemotongan ayam McDonald's Indonesia yang dikelola oleh PT. QL Trimitra di Cianjur, Jawa Barat.

"Kita memperhatikan bahwa penyembelihan ayam ini halal dengan Juleha atau juru sembelih halal. Jadi, ketika awal ayam masuk diistirahatkan terlebih dahulu kemudian digantung pelindung dada ayam agar ayam tidak stress," ujarnya.

Kemudian, ketika masuk ke dalam mesin pemotongan dipastikan juga proses pemotongannya sesuai ketentuan halal. Di mana, pisau harus tajam dan mampu memutus tiga urat pernapasan, saluran makanan dan saluran darah. "Ini tadi yang saya bilang juleha, jurus sembelih halal," lanjutnya.

Setelah proses pemotongan, dalam video yang dibagikan saat virtual tour Peternakan McDonald's Indonesia, ayam masuk dalam proses penirisan darah dan akan masuk ke perendaman air panas untuk dilepaskan bulu-bulunya.

Setelah bulu-bulu ayam dilepas secara keseluruhan, masuk ke dalam pendingin dengan suhu maksimal 4 derajat celcius. Lalu, pada tahap pemotongan, ayam dibagi menjadi 9 potong ayam.

"Jadi potongan ini 9 potong ayam, mulai dari sayap 2, paha 2, dada tulang 2, dada mentok 2, dan kelapa. Kita juga memperbolehkan potongan 8 atau 10," lanjut Imam.

Setelah di potong, ayam masuk ke proses pembumbuan atau marinasi dengan bumbu resep McDonald's dan pengemasan. "Setelah itu dilakukan pengecekan melalui metal detector yang tidak semua rumah potong ayam memiliki teknologi itu," ungkapnya.

Untuk pengirimannya ke gerai-gerai McDonald's, dikirim dengan truk yang memiliki penyimpanan dengan suhu 1 sampai 4 derajat celcius. "Jadi sampai di gerai, restoran tinggal menyajikannya ke customer," tutup Imam.



Simak Video "Kata Warga Rusia soal Cita Rasa Restoran Baru Pengganti McDonald's"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT