Bahlil Cerita 'Gombalan' untuk Foxconn Lolos, Tesla Tarik Ulur

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Jumat, 20 Mei 2022 15:57 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menyampaikan keterangan pers terkait pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP), Hak Guna Usaha (HGU), dan Hak Guna Bangunan (HGB) terhadap sejumlah perusahaan di Kantor BKPM, Jakarta, Jumat (7/1/2022). Pemerintah pada Senin (10/1/2022) akan mencabut 2.078 izin usaha tambang batu bara yang sudah diberikan kepada para pengusaha karena para pelaku usaha tersebut tidak pernah memanfaatkan IUP serta tidak pernah menyampaikan rencana kerja kepada pemerintah pemerintah. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Solo -

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia buka-bukaan soal gencarnya pemerintah merayu Foxconn dan Tesla investasi di Indonesia. Mengutip detikJateng, Bahlil bercerita Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah meminta Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membujuk Tesla.

Sedangkan dirinya diberi tugas membujuk Foxconn. Lalu, bagaimana hasilnya?

"Dulu ketika Bapak Presiden memerintahkan kami dengan Menko Marves agar Tesla dan Foxconn masuk Indonesia, karena dua perusahaan ini adalah perusahaan besar. Saya merayu Foxconn, Pak Luhut merayu Tesla. Gombalan kita untuk Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur. Berkat tangan dingin dan intuisi Presiden, Tesla masuk ke Indonesia," ujar Bahlil saat kunjungan kerja di Solo, Rabu (18/5/2022).

Menurut Bahlil investasi Tesla rencananya dimulai tahun ini. Kerja sama investasi dengan Tesla dalam dua bidang, produksi baterai dan mobil listrik.

"Dia akan masuk ke dua bagian industri besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil dan mobilnya. Insyaallah tahun ini," kata Bahlil

Jika tidak ada aral melintang, Tesla hingga Foxconn nanti akan masuk ke Industri Batang. Di sana nanti, kata Bahlil, akan berdiri pabrik perusahaan-perusahaan besar, seperti LG, Foxconn, Tesla pun akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain.

Informasi selengkapnya langsung baca di sini

(hns/hns)