ADVERTISEMENT

Mengintip Kehidupan 'Kampung Starling' yang Nyempil di Tengah Ibu Kota

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 22 Mei 2022 16:01 WIB
Kampung Starling
Foto: Kampung Starling (Herdi Alif Al Hikam/detik)

Leo salah satu sales merek kopi sachetan mengatakan kampung ini memang menjadi pusatnya starling di Jakarta Pusat. Dia bilang di dalam kampung ini berkumpul para penjaja kopi keliling dan juga toko-toko yang menyuplai kopi sachet.

Sebagai sales, Leo cukup sering datang ke kawasan ini. Entah untuk menawarkan produk baru, mengambil pembayaran, ataupun mengantarkan barang.

"Di sini emang pusatnya. Saya kan sales kopi, sering ke sini buat jualin kopi saya ke toko-toko di sini. Di situ ada toko yang nyetok kopi sama ada pemukiman abang-abang starlingnya juga," tutur Leo ditemui detikcom di Kampung Starling.

Salah satu penghuni Kampung Starling, Ida menjelaskan penyebutan Kampung Starling sebetulnya disematkan oleh salah satu merek kopi sachet. Dia bilang salah satu merek kopi itu juga yang membuat gapura selamat datang.

Dia mengatakan memang kebetulan kampung ini isinya adalah penyuplai kopi sachetan dan juga tempat bermukim para penjaja kopi keliling.

"Disebut Kampung Kopi Keliling ini sudah 5 tahunan lah. Itu orang Kapal Api (merek kopi) yang bikin. Bukan orang sini menyebut kampungnya sebagai kampung kopi. Sekalian iklan kali ya," ungkap Ida kepada detikcom.

Dia mengatakan sebetulnya kawasan penyetok kopi sachet seperti di kampungnya sudah banyak tersebar di Jakarta. Ada yang di Tanah Abang, Senayan, dan lain sebagainya. "Mungkin karena di sini ada pemukiman Madura tukang kopi juga jadi dibilang Kampung Kopi," katanya.

Ida sendiri merupakan salah satu pemilik toko penyetok kopi kepada para penjaja kopi keliling. Sebagai penyetok dia memiliki toko semi-agen yang menampung kopi sachet rencengan dari para supplier.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT