Lengkap! Ini Rute Baru KRL Jabodetabek Mulai 28 Mei

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 23 Mei 2022 13:48 WIB
KRL Tanah Abang - Rangkas Bitung melintas di kawasan Jakarta Selatan, kemarin. Kementerian Perhubungan sudah menetapkan nominal kenaikan tarifnya, hanya tinggal menunggu penentuan waktunya saja kapan tarif KRL akan naik.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

KRL Commuter Line bakal melakukan perubahan rute mulai hari Sabtu, 28 Mei mendatang. Perubahan rute bakal terjadi di kereta jarak jauh dari line Bogor dan Cikarang/Bekasi.

Perubahan rute KRL ini dilakukan dalam rangka penyesuaian pembangunan pada Stasiun Manggarai.

"Pada Jumat 27 Mei 2022 malam hingga Sabtu 28 Mei 2022 dini hari akan dilakukan Switch Over (SO) ke-5 di stasiun Manggarai, " tulis KAI Commuter Line, mengutip Instagram resminya.

Dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) KRL Commuter Line terbaru yang akan berlaku 28 Mei, rute KRL Bogor-Jatinegara bakal dihapus. Dengan begitu, KRL dari Stasiun Bogor hanya akan memiliki rute Bogor-Jakarta Kota.

Maka dari itu, para penumpang KRL dari Bogor yang ingin menuju ke beberapa stasiun seperti Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara sudah tidak bisa langsung. Namun, jika tetap ingin menuju stasiun-stasiun tersebut bisa tetap dilakukan dengan transit di Stasiun Manggarai.

Tidak hanya rute Bogor, KRL Cikarang/Bekasi pun akan dialihkan. Tidak ada lagi rute Stasiun Cikarang/Bekasi ke arah Stasiun Jakarta Kota.

Dari Stasiun Cikarang/Bekasi rutenya akan memutar ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara, dan kembali ke Cikarang.

Nah bagi penumpang yang mau ke arah Jakarta Kota dari Bekasi ataupun Cikarang bisa melakukan transit di Stasiun Manggarai. Kemudian berganti kereta menuju jalur Bogor-Jakarta Kota. Sementara itu, untuk KRL Lintas Serpong, Tangerang, dan Tanjung Priok tidak mengalami perubahan.

Dengan adanya penyesuaian rute ini, jalur 1 dan jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh, dan Jalur 3 akan dinonaktifkan.

Lihat juga video 'Naik KRL Kini Sudah Boleh Duduk Tanpa Berjarak':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut di halaman berikutnya untuk mengetahui rute baru arah Bekasi/Cikarang.