Tanda Tanya Arab Saudi Larang Warganya ke RI Kala COVID-19 Melandai

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 23 Mei 2022 20:00 WIB
Saat ini pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali untuk umroh dan haji di jamaah negara internasional. Tetapi tidak semua negara bisa masuk karena alasan tertentu dan jenis vaksin yang tidak diakui oleh Saudi Arabia. Lalu bagaimana nasib  para jamaah umroh dan haji Indonesia?
Arab Saudi/Foto: Getty Images
Jakarta -

Warga Arab Saudi dilarang ke Indonesia dan 15 negara lainnya. Hal itu terkait kasus COVID-19 di negara-negara tersebut.

Pengumuman itu disampaikan Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) Arab Saudi. Selain ke Indonesia, warga Arab Saudi dilarang ke Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, India, Yaman, Somalia, Ethiopia, Republik Demokratik Kongo, Libya, Vietnam, Armenia, Belarusia, dan Venezuela.

"Warga negara Arab Saudi dilarang bepergian ke 16 negara karena kasus COVID-19 di negara-negara tersebut," kata Jawazat dikutip dari Saudi Gazette, Senin (23/5/2022).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mempertanyakan kebijakan tersebut kepada pejabat yang menangani Arab Saudi. Pasalnya dari sisi kasus COVID-19, di Indonesia sudah mulai landai bahkan pemerintah mulai melonggarkan penggunaan masker di ruang terbuka.

"Sudah disampaikan ke pihak Saudi bahwa penanganan COVID RI berhasil menekan angka kasus positif, dan bahkan kondisi di Tanah Air sudah lebih baik dari rata-rata negara pada umumnya," kata Teuku.

Data kasus COVID-19 Indonesia di halaman berikutnya.

Simak juga 'Ratas dengan Jokowi, Menag: Pemerintah Siap Layani Haji 2022':

[Gambas:Video 20detik]