Laporan dari Davos

Oke Nih... WEF 2022 di Davos Sudah Bebas Masker Lho

Zulfi Suhendra - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 08:15 WIB
Suasana di WEF 2022 Davos
Foto: Suasana di WEF 2022 Davos (Zulfi Suhendra/detikcom)
Davos -

Acara World Economic Forum 2022 di Davos sudah mulai digelar sejak hari Senin lalu. Beberapa rangkaian acara pun sudah dihadiri delegasi. Meski masih suasana pandemi, WEF bebas masker.

Ini adalah gelaran WEF pertama sejak pandemi. Acara Forum Ekonomi terbesar dunia ini sempat absen pada 2021 karena pandemi sedang galak-galaknya, di mana virus Corona varian Delta tengah menjalar dengan cepat.

Nah, gelaran WEF kali ini pun bisa dibilang telat. Karena biasanya WEF digelar pada bulan Januari di musim dingin. Kali ini WEF digelar jelang musim panas.

Para delegasi, undangan, semua orang yang hadir di acara akbar ini tampaknya sudah bebas masker. Pantauan detikcom sejak hari pertama di lokasi, dari sekian banyaknya orang yang datang, praktis hanya satu dua orang yang memakai masker.

Semua orang lalu lalang, bertemu, mengobrol, berdiskusi tanpa mengenakan masker sama sekali. Berjabat tangan pun dilakukan seperti biasa. Pandemi bak sudah hilang ditelan bumi.

Hal itu juga dilakukan oleh para delegasi, pebisnis, pejabat negara termasuk dari Indonesia. Pada sejumlah pertemuan bilateral antara pemerintah Indonesia dan sejumlah negara atau pelaku bisnis, tak terlihat ada yang mengenakan masker.

Meski demikian, protokol kesehatan tetap dijalan di acara WEF ini. Dari informasi yang didapat, para delegasi yang hadir di acara utama di forum ini wajib melakukan PCR setiap kali datang.

Salah seorang WNI yang tinggal di Swiss, Riani mengatakan, negara yang terkenal dengan coklatnya ini memang sudah membebaskan masker.

Lihat Video: Update Covid-19 RI Sepekan Usai kebijakan Pelonggaran Masker

[Gambas:Video 20detik]




(zlf/dna)