Seruuu! RI Kenalkan Papua di Davos Lewat Acara Ini

ADVERTISEMENT

Seruuu! RI Kenalkan Papua di Davos Lewat Acara Ini

Zulfi Suhendra - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 15:45 WIB
RI Kenalkan Papua di WEF 2022 Davos
Foto: RI Kenalkan Papua di WEF 2022 Davos (Istimewa/Kemenkominfo)
Davos -

Pemerintah Indonesia kembali mempromosikan investasi di rangkaian acara World Economic Forum 2022 di Davos, Swiss. Salah satunya adalah dengan mengenalkan budaya dan kuliner Indonesia.

Dalam salah satu rangkaian acara WEF 2022, delegasi Indonesia yang dinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia menggelar Indonesia Night. Acara ini bisa dibilang sebagai bentuk promosi Indonesia lewat budaya dan kuliner.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, pada tahun ini Indonesia Night akan mengambil tema Indonesia timur yaitu Papua.

"Karena masa depan Indonesia termasuk di Papua. Alamnya sangat bagus, hutannya bagus, punya kekayaan tambang, perikanan," ujar Bahlil di Davos, Swiss, Selasa Malam (24/5/2022).


Selain Bahlil, acara Indonesia Night dihadiri oleh beberapa pejabat RI di antaranya: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kemudian hadir juga Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad, Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid dan sejumlah tokoh lain.

Yang menarik, semuanya memakai pakaian adat Papua.

Acara ini juga dihadiri ribuan tamu undangan yang terdiri dari delegasi, pengusaha, pelaku bisnis peserta WEF 2022 dari seluruh dunia.

Para tamu undangan disuguhkan berbagai macam kuliner khas Indonesia seperti nasi goreng, bihun goreng, ikan acar kuning, rendang, juga kue-kuean seperti lapis legit, pisang bolen, hingga minuman cendol.

Namun, karena mengusung tema Papua, makanan spesial papeda khas Indonesia Timur juga disuguhkan dalam acara ini.

Para tamu undangan tampak antusias apalagi saat dihibur oleh penampilan musik dari artis kebanggaan tanah air Edo Kondologit dan Novia Bachdim. Keduanya melantunkan beberapa lagu daerah seperti Apuse, Manuk Dadali, Sinanggar Tulo. Selain itu, Edo juga membawakan lagu Garuda di Dadaku dan karya masterpiece dari Louis Armstrong, What A Wonderful World.

Indonesia Night diharapkan bisa berhasil menjadi media promosi Indonesia bagi para investor atau delegasi untuk datang ke Indonesia, terutama ke acara G20 di Bali nanti.

(zlf/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT