Mulai 28 Mei, Transit di Stasiun Manggarai Nggak Perlu Nyebrang Rel Lagi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 18:40 WIB
Mulai hari ini KAI Commuter tak lagi terapkan jaga jarak tempat duduk penumpang KRL. Sejalan dengan itu, pembatasan kapasitas KRL pun meningkat menjadi 60%.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

KRL Commuter Line bakal melakukan perubahan rute operasional dalam rangka pengembangan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral. Perubahan rute dimulai tanggal 28 Mei atau tepatnya hari Sabtu minggu ini.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan dengan perubahan rute ini transit yang dilakukan di Manggarai tak perlu lagi menyeberang rel.

Pasalnya, semua operasional naik turun kereta akan berada di sekitar bangunan baru bertingkat 3 yang berada di barat Stasiun Manggarai.

"Transit saat ini nggak perlu lagi seberang rel. Tinggal turun atau naik pakai tangga manual atau lift. Jalur bawah 6 dan 7 atas 10 hingga 12. Sudah meninggalkan transit menyeberang rel," ungkap Anne dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2022).

Seperti diketahui dengan adanya perubahan rute yang dimulai 28 Mei, KRL Commuterline lintas Bekasi/Cikarang akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7. Sementara lintas Bogor akan dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13.

Perubahan rute KRL Commuter Line dilakukan sejalan dengan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) KRL Commuter Line terbaru yang akan berlaku 28 Mei.

Rute KRL Bogor-Jatinegara bakal dihapus. Dengan begitu, KRL dari Stasiun Bogor hanya akan memiliki rute Bogor-Jakarta Kota.

Maka dari itu, para penumpang KRL dari Bogor yang ingin menuju ke beberapa stasiun seperti Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara sudah tidak bisa langsung. Namun, jika tetap ingin menuju stasiun-stasiun tersebut bisa tetap dilakukan dengan transit di Stasiun Manggarai.

Tidak hanya rute Bogor, KRL Cikarang/Bekasi pun akan dialihkan. Tidak ada lagi rute Stasiun Cikarang/Bekasi ke arah Stasiun Jakarta Kota.

Dari Stasiun Cikarang/Bekasi rutenya akan memutar ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara, dan kembali ke Cikarang.

Nah bagi penumpang yang mau ke arah Jakarta Kota dari Bekasi ataupun Cikarang bisa melakukan transit di Stasiun Manggarai. Kemudian berganti kereta menuju jalur Bogor-Jakarta Kota.

Di sisi lain, Anne menyarankan bagi masyarakat yang mau melakukan perjalanan dari Stasiun Manggarai, lebih baik masuk melalui pintu barat atau mudahnya pintu masuk dekat Stasiun Bandara Manggarai.

"Kami melakukan edukasi supaya masuk ke pintu yang di dekat Stasiun Kereta Bandara. Itu sudah nyaman sekali," ujar Anne.



Simak Video "Detik-detik Penumpang Jatuh ke Peron Stasiun Manggarai Saat KRL Melintas"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)