ADVERTISEMENT

Laporan dari Davos

Menarik! Puing Jembatan Hancur Imbas Perang Rusia Mejeng di WEF

Zulfi Suhendra - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 19:15 WIB
Puing jembatan yang hancur saat Perang Rusia-Ukraina
Foto: Puing jembatan yang hancur saat Perang Rusia-Ukraina/Zulfi Suhendra
Davos -

Ada hal menarik di rangkaian acara World Economic Forum 2022 di Davos, Swiss. Puing-puing bekas jembatan yang dibom imbas perang Rusia-Ukraina ditampilkan di sini.

Sebuah batu beton yang sudah hancur dengan rangka baja yang masih menempel mencuri perhatian di House of Ukraine. House of Ukraine adalah gedung 2 lantai yang dipakai perwakilan Ukraina di acara WEF ini.

Beton yang kira-kira tingginya 50 cm itu adalah puing-puing jembatan Irpin yang dihancurkan oleh Ukraina. Ukraina sengaja meledakkan jembatan yang menghubungkan Irpin, Bucha, Hostomel dan Vorzel tersebut untuk memblokade tentara Rusia yang mau masuk ke ibukota, Kyiv.

Jembatan tersebut disebutkan diledakkan pada Maret 2022. Instalasi itu pun terlihat menarik di House of Ukraina.

Tak banyak yang bisa dilihat di House of Ukraina. Pasalnya, gedung ini dibuat untuk tempat diskusi dan seminar para delegasi Ukraina. Tempat ini dijaga ketat oleh keamanan. Tak seperti rumah delegasi lain, masuk House of Ukraine harus melewati pemeriksaan x-ray.

Kondisi peperangan yang terjadi nampaknya mendapat perhatian yang sangat besar bagi para delegasi dan tamu yang hadir di WEF 2022. Selain House of Ukraine yang banyak merepresentasikan soal kondisi negara mereka yang hancur karena diserang Rusia, berjarak 300 meter juga terdapat Russian House of War Crimes, yang juga berisi foto-foto kekejaman serangan Rusia ke Ukraina.

(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT