Mau Naik KRL di Stasiun Manggarai 28 Mei? Lewat Pintu Ini Ya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 21:00 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merevitalisasi kawasan Stasiun Manggarai. Begini rupa baru kawasan Plaza Stasiun Manggarai, Jakarta.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Mulai 28 Mei Stasiun Manggarai mengubah rute operasional. Aktivitas KRL berada pada jalur 6-13, atau tepatnya di gedung bangunan baru Stasiun Manggarai.

Gedung baru itu terletak di sisi barat Stasiun Manggarai atau tepatnya di dekat Stasiun Bandara Manggarai. Jalur 6 dan 7 yang berada di lantai dasar digunakan untuk KRL Lintas Bekasi/Cikarang dan jalur 10-13 yang berada di lantai 3 untuk jalur Jakarta-Bogor.

Dengan adanya perubahan ini, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyarankan bagi masyarakat yang melalui Stasiun Manggarai, lebih baik masuk lewat pintu barat atau mudahnya pintu akses masuk dekat Stasiun Bandara Manggarai.

"Kami melakukan edukasi supaya masuk ke pintu yang di dekat Stasiun Kereta Bandara. Itu sudah nyaman sekali," ujar Anne dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2022).

Pintu timur atau tepatnya di bangunan lama Stasiun Manggarai tidak ditutup. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus mengatakan penumpang dari pintu timur akan diarahkan untuk melakukan penyeberangan rel menuju jalur 6 dan 7. Kemungkinan penyeberangan akan dilakukan di ujung-ujung sisi Stasiun Manggarai.

"Terkait dengan pintu Timur memang masih kita buka sehingga penumpang dari pintu timur pasti akan mengalami crosing untuk menuju ke jalur 6-7. Kami upayakan untuk crossing-nya nanti kita akan kita pusatkan di ujung-ujung dan nanti akan dipandu oleh petugas dari PT KAI," kata Rode.

Penjelasan soal perubahan di Stasiun Manggarai pada halaman berikutnya. Langsung klik