4 Perintah Jokowi ke Bahlil Genjot Investasi Biar Merata di RI

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 28 Mei 2022 22:18 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Davos
Foto: Zulfi Suhendra/detikcom: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan pola kerja Menteri Kabinet Indonesia Maju. Menurutnya di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) semua menteri harus gaspol.

"Menteri yang bekerja di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi tidak ada tidak kata gaspol, harus selalu gaspol. Karena begitu gasnya tidak pol, dia ketinggalan," ujar Bahlil dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Sabtu (28/5/2022)

Bahlil pun mengungkapkan arahan Jokowoi terkait investasi di tanah air. Pertama, investasi harus inklusif, tidak hanya terpusat di Pulau Jawa tetapi menyebar di seluruh provinsi di Indonesia.

"Investasi enggak boleh hanya di Jawa. Kita harus membangun Indonesia-sentris. Bangsa kita itu dari Sabang sampai Merauke, jangan ekonomi tumpu pada satu wilayah," terang Bahlil.

Kedua, investasi yang masuk ke Indonesia juga harus berkualitas. Ketiga, investasi dapat mendorong terciptanya pusat pertumbuhan baru.

"Ciptakan kawasan-kawasan pertumbuhan ekonomi baru dan karena itu, jangan ekonomi dikuasai oleh satu kelompok tertentu. Harus merata, Mas Bahlil. Jangan itu-itu saja," kata Bahlil.

Arahan Jokowi yang ketiga dan keempat di halaman berikutnya. Langsung klik