ADVERTISEMENT

UMKM Kuliner Bisa Ngebut Lagi Kejar Cuan Kala Pandemi Mereda Berkat Ini

- detikFinance
Senin, 30 Mei 2022 15:21 WIB
Lenggang Panggang (Pempek Palembang), is a traditional food from South Sumatra, Indonesia. This fish-based food is very popular. Selected focus
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti
Jakarta -

Event Festival Jajan Pempek dilaksanakan oleh RPX Logistic bekerjasama dengan 35 Brand UMKM Palembang sebagai salah satu aksi serta upaya untuk menguatkan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Selain itu RPX ingin mengembangkan kembali entitas mereknya sebagai pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistic) dengan pengalaman lebih dari 37 tahun di Indonesia.

Event Festival Jajan Pempek digelar pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 28-29 Mei 2022 di Ubud Paradise Living World Alam Sutra. Tidak hanya Pempek, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis kuliner dan kerajinan tradisional khas Palembang lainnya.

Event ini dimulai dengan acara pembukaan yang terdiri dari sambutan-sambutan, di antaranya sambutan CEO RPX Logistic, dan juga Ketua Asppek sebagai asosiasi yang menaungi UMKM Lokal Palembang.

Menurut Kemenparekraf (melalui website resminya www. https://kemenparekraf.go.id/), Sub sektor kuliner memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu 30% dari total pendapatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Industri kuliner mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang, oleh karena itu pemerintah akan mendukung sub sektor ini supaya lebih maju.

Berbanding lurus dengan Kemenparekraf, RPX baru saja meluncurkan aplikasi berbasis online bernama "Kiriman Express" untuk memudahkan urusan logistik para UMKM lokal.

Dengan Kiriman Express, para penjual bisa mengirimkan produk mereka ke seluruh penjuru Indonesia. Mereka juga bisa memanfaatkan layanan pick-up untuk mengirim paket tanpa harus datang ke gerai.

Melalui event ini, selain membawa kelezatan kuliner legendaris Indonesia, kami berharap dapat membantu para penjaja kuliner - khususnya kuliner lokal dari Sumatera Selatan - untuk semakin dikenal luas, baik dalam negeri maupun ke kancah dunia. Dengan demikian, acara ini dapat turut mendukung sepak terjang mereka dalam memajukan ekonomi kreatif tanah air.

(Aldiansyah Nurrahman/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT