Tekan Emisi Karbon, Astra Kembangkan Bisnis Energi Hijau

ADVERTISEMENT

Tekan Emisi Karbon, Astra Kembangkan Bisnis Energi Hijau

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 04 Jun 2022 12:30 WIB
Deretan gedung pencakar langit menghiasi wajah Jakarta. Hari ini, salah satu gedung tertinggi diresmikan, yaitu Menara Astra.
Foto: Dok
Jakarta -

PT Astra International Tbk (ASII) meluncurkan Astra 2030 Sustainability Aspirations yang berisi peta jalan transisi Grup Astra untuk menjadi perusahaan yang lebih sustainable pada 2030 dan seterusnya.

Perusahaan yang bergerak di bidang otomotif ini, berencana untuk berkontribusi dalam memperkuat ketahanan perekonomian Indonesia yang mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera. Salah satunya dengan ikut memberikan dampak positif kepada bumi dan iklim.

Ada 10 sustainability aspirations yang didasarkan pada sustainability framework baru Astra. Framework tersebut mengintegrasikan sustainability secara lengkap ke dalam Strategi Triple-P Roadmap Astra (Portfolio, People dan Public Contribution), yang menyeimbangkan kebutuhan saat ini dengan masa depan.

"Melalui sustainability framework baru Astra, kami berkomitmen untuk, kami bertransisi menuju perusahaan yang lebih sustainable dan resilient guna memberikan dampak positif kepada bumi dan iklimnya, bisnis serta kepada masyarakat," tulis laporan perusahaan, dikutip Sabtu (4/6/2022).

Kedua, perusahaan juga berkomitmen mewujudkan lingkungan kerja yang beragam dan inklusif, menarik serta mempertahankan talenta-talenta terbaik Indonesia agar insan Astra dapat berkembang, berhasil dan sejahtera bersama bangsa.

"Kami memberdayakan dan mendukung masyarakat demi masa depan yang lebih baik untuk semua," lanjut laporan itu.

Dalam portofolio perusahaan, Astra 2030 Sustainability Aspirations menargetkan sejumlah fokus perusahaan dalam berkontribusi dalam bisnis energi hijau. Pertama, berencana menurunkan emisi gas rumah kaca Grup Astra scope 1 dan 2 sebesar 30%.

Kedua, 50% bauran energi terbarukan untuk mendukung kegiatan operasional, mengurangi intensitas pengambilan air Grup Astra sebesar 15%, melakukan daur ulang dan recovery limbah padat 99%, terakhir meningkatkan business resilience dengan meningkatkan pendapatan non-batu bara hingga 88%.

Selain itu, Astra juga berkomitmen akan mendukung keberagaman dan inklusivitas karyawan, dengan fokus pada gender, mencapai zero fatality tenaga kerja dan pengurangan 60% tingkat lost-time injury Grup Astra.

Lalu, mendukung keberagaman dan inklusivitas di level eksekutif, direksi, dewan komisaris, dengan fokus pada gender. Selain itu, juga akan menjangkau 2,5 juta penerima manfaat pada 2030 melalui program pengembangan komunitas

"Key Enabler, terus memperkuat tata kelola perusahaan kami dengan standar internasional," lanjut laporan Astra.

Ada beberapa tujuan inisiatif unggulan dari perusahaan yang akan mendukung semua rencana itu di dalam Astra 2030 Sustainability Aspirations. Pertama meningkatkan kemajuan yang telah dicapai oleh semua uni bisnis dalam efisiensi bahan bakar dan energi.

Kemudian, meningkatkan kapasitas energi terbarukan dalam operasional, melakukan investasi pada ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, fokus pada diversifikasi ke pertambangan mineral non-batubara.

Lalu, fokus pada peningkatan proyek dan investasi pada energi terbarukan, menerapkan nature based solution dimulai dengan inisiatif menanam tiga juta pohon, dan meluncurkan program tentang keragaman, kesetaraan, dan inklusi dengan fokus pada gender.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT