ADVERTISEMENT

10 Brand Fashion Termahal di Dunia 2022: LV, Dior hingga Gucci

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 14 Jun 2022 19:30 WIB
Koleksi Gucci x Adidas di Milan Fashion Week Fall 2022
Foto: Dok. Gucci
Jakarta -

Membahas dunia fashion pasti tentu kita tidak akan asing lagi dengan merek atau brand fashion termahal yang sering menjadi pelopor tren dunia fashion. Sebuah merek atau brand fashion besar juga kerap menjadi incaran para orang kaya dan para selebritis.

Tak heran, barang-barang atau produk dari brand fashion besar itu memiliki harga yang fantastis. Lalu, apa saja brand termahal di dunia?

10 Brand Fashion Termahal di Dunia 2022

Dikutip dari Luxury Columnist, berikut adalah 10 brand fashion termahal di dunia 2022:

1. Louis Vuitton

Louis Vuitton adalah merek fashion terkenal asal Prancis Yang didirikan oleh Louis Vuitton pada tahun 1854. Pada awalnya dikenal dengan brand bagasi mewah dan barang-barang kulit lainnya. Saat ini, bisnis telah mencakup pakaian, tas, sepatu , aksesoris, hingga perhiasan.

Perusahaan Louis Vuitton sekarang dimiliki oleh Bernard Arnault, salah satu orang terkaya di dunia. Louis Vuitton ini sangat populer di kalangan selebriti dunia, seperti Angelina Jolie, Sarah Jessica Parker dan masih banyak lagi. Contohnya, baran LV termahal Steiff Louis Vuitton Teddy Bear dihargai US$ 2,1 juta atau Rp 30 miliar (kurs Rp 14.700) dan Louis Vuitton Urban Satchel yang dihiasi dengan botol air daur ulang dan paket permen karet saja bisa dihargai US$ 150 ribu atau setara Rp 2 miliar.

2. Christian Dior

Salah satu barang mewah sekaligus termahal asal Prancis paling terkenal adalah Christian Dior sejak tahun 1946. Rumah mode Christian Dior ini sering dipakai oleh kalangan selebriti seperti Charlize Theron dan Natalie Portman.

Selain pakaian dan aksesoris wanita, ada juga Dior Homme untuk pria dan Baby Dior untuk anak-anak. Bisnis kosmetik merek Dior Beauty juga sangat sukses dan terkenal dengan harganya yang mahal. Untuk Christian Dior Haute Couture, gaun chartreuse yang dikenakan oleh Nicole Kidman ke Oscar pada 1997, yang dirancang oleh John Galliano dihargai US$ 2 juta atau Rp 29 miliar. Sedangkan, gaun malam brokat tahun 1968 bertatahkan perak dengan tas serasi milik Elizabeth Taylor, dijual di Christie's pada 2011 sebesar US$ 362, 5 ribu atau Rp 5,3 miliar.

3. Versace

Versace menjadi brand fashion termahal di dunia yang didirikan pada tahun 1978. Gagasan Gianni Versace, merek desainer Italia ini menciptakan pakaian dari kain inovatif seperti jaring logam.Gianni Versace telah dikenakan oleh Elizabeth Taylor, Jennifer Lopez dan Putri Diana.

Setelah pembunuhan tragis sang pendiri, saudara perempuan Gianni, Donatella Versace, menjadi Direktur Kreatif merek Versace. Barang Versace termahal adalah jaket malam "The Face" manik-manik milik Elizabeth Taylor, yang disulam dengan berlian imitasi bintang dijual di Christie's pada 2011 sekitar US$ 128,5 ribu atau Rp 1,8 miliar.

4. Chanel

Chanel adalah brand asal Prancis yang dibuat oleh Gabrielle "Coco" Chanel pada tahun 1909. Chanel terkenal dengan setelan wol boucle, parfum elegan, dan tas kulit. Desainnya memiliki kualitas yang tak lekang oleh waktu, sehingga masih menjadi tren mode hingga saat ini.

Gaun hitam kecil Chanel adalah pakaian yang ada di banyak lemari wanita kaya dunia. Mungkin barang Chanel yang paling mahal adalah tas klasik Diamond Forever. Barang termahal Chanel diantaranya tas Chanel Diamond edisi terbatas yang dihiasi dengan 334 berlian, dengan rantai pembawa emas 18 karat bernilai perkiraan US$ 261 ribu atau Rp 3,8 miliar. Sementara, untuk dua set permata dan bros emas Coco Chanel dan Fulco di Verdura yang langka dijual di Christie's New York pada tahun 2004 dihargai US$ 192,3 ribu.

5. Prada

Prada adalah brand dan rumah mode asal Italia, yang didirikan oleh Mario Prada di Milan pada tahun 1913. Sekarang Prada dijalankan oleh cucu perempuan bungsunya yakni Miuccia Prada. Pra dikenal sebagai merek dengan estetika yang unik. Barang Prada termahal contohnya adalah tas tangan kulit burung unta Brandy Top Handle V2 dihargai US$ 10.200 atau Rp 149,9 juta.

6. Yves Saint Laurent (YSL)

YSL adalah brand dari rumah mode asal Prancis, yang terkenal idengan produk kecantikannya serta setelan tuksedonya yang chic dan gaya androgini. Merek ikonik YSL ini diciptakan oleh Yves Saint Laurent dan rekannya Pierre Bergé pada tahun 1961.

Yves Saint Laurent juga mempopulerkan tampilan safari serta kamuflase dan gaun trapeze. Contoh barang YSL termahal adalah jaket Yves Saint Laurent Sunflower edisi terbatas 4, dengan bordir tangan sebagai penghargaan untuk Van Gogh dibanderol seharga US$ 382.000 atau Rp 5,6 miliar.

7. Giorgio Armani

Sesuai dengan nama brand, brand fashion ini didirikan oleh Giorgio Armani pada tahun 1975. Giorgio Armani adalah rumah mode asal Italia yang telah berkembang hingga mencakup Emporio Armani, Armani Collezioni, Armani Jeans, Armani Exchange, dan Armani Prive.

Meskipun banyak lini Armani ditujukan untuk pasar menengah, namun label seperti Armani Prive menjadi merek yang tetap dikenal mewah. Contoh barang Giorgio Armani termahal adalah Gaun Armani Prive dihiasi dengan kristal Swarovski yang dikenakan oleh Cate Blanchett di Oscar 2007 senilai US$ 250.000 atau Rp 3,6 miliar dan kalung berlian oleh Armani Prive, yang dilelang oleh Christie's pada tahun 2013 dengan nilai US$ 15.000 atau Rp 220 juta.

8. Ralph Lauren

Ralph Lauren didirikan pada tahun 1967 oleh desainer asal Amerika Ralph Lauren. Label atau brand fashion ini memiliki beberapa lini kemewahan. Ralph Lauren Purple Label adalah jajaran brand pria paling mahal, sedangkan lini koleksi adalah yang paling eksklusif dari jajaran produk wanita mereka.

Garis Polo Ralph Lauren terkenal menampilkan pakaian gaya Ivy League yang rapi dan juga wewangian serta peralatan rumah tangga yang populer. Contoh purple label tas ransel buaya senilai US$ 25.000 Rp 367 juta atau dan purple label Gregory Handmade Tailcoat Tuxedo dengan harga US$ 9.995.

9. Gucci

Siapa yang tak kenal dengan brand terkenal asal Italia ini? Gucci didirikan oleh Guccio Gucci pada tahun 1920. Toko pertama Gucci dibuka pada tahun 1921 di Florence, Italia. Gucci sekarang dimiliki oleh Kering. Zaman modern ini Gucci diciptakan kembali oleh Direktur Kreatif Alessandro Michele. Selain tas dan sepatu, brand mewah ini juga menawarkan pakaian hingga koper.

Contoh barang Gucci termahal adalah sabuk Gucci Stuart Hughes seharga US$ 250.000 atau Rp 3,6 miliar , ada juga Gaun payet emas Gucci yang dikenakan oleh Beyonce senilai US$ 12.900 atau 189 juta.

10. Dolce & Gabbana

Dolce & Gabbana berdiri atas gagasan Domenico Dolce dan Stefano Gabbana. Dolce & Gabbana adalah merek Italia yang didirikan pada tahun 1985. Sejak itu, brand ini telah merambah bisnis dari pakaian wanita, perhiasan, parfum, tas tangan, alas kaki, jam tangan, hingga kacamata.

Contoh barang termahal Dolce & Gabbana adalah gaun merah yang bertatahkan manik-manik dalam edisi terbatas 12, yang merupakan item paling mahal di Net-a-Porter pada saat penjualan mencapai US$ 32.000 atau Rp 470 juta.

Demikian informasi brand fashion termahal di dunia 2022. Mewah banget ya, brand fashion mewah mana yang jadi favorit detikers?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT