ADVERTISEMENT

Isi Surat Bos Shopee ke Karyawan Soal PHK Massal

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 15:37 WIB
kantor shopee
Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Kabar Shopee bakal melakukan PHK massal dibenarkan CEO Shopee Chris Feng. Hal ini diketahui dari bocoran memo internal Chris Feng kepada para karyawannya.

Shopee akan memberhentikan beberapa pekerja di tim ShopeeFood dan ShopeePay di wilayah Asia Tenggara. Mereka juga akan melepaskan bagian dari timnya di Meksiko, Argentina dan Chili, serta tim lintas batas yang mendukung pasar di Spanyol, menurut bocoran memo internal yang sama.

Dalam memo yang diketahui dikirim Senin malam 13 Juni yang lalu, Chris Feng mengatakan pihaknya membuat beberapa penyesuaian untuk mengoptimalkan operasi perusahaan.

"Mengingat ketidakpastian yang meningkat dalam sektor ekonomi yang lebih luas. Sangat sulit untuk kami membuat penyesuaian untuk meningkatkan efisiensi operasional kami dan memfokuskan sumber daya kami," kata Chris Feng dalam bocoran memo internal yang beredar dilansir dari Straits Time, Rabu (15/6/2022).

Para staf telah diberitahu tentang PHK yang akan terjadi pada acara pertemuan internal internasional pada hari Senin. Disebutkan juga mereka yang akan diberhentikan akan diinformasikan melalui email.

Shopee juga disebut bakal menghentikan operasinya di Spanyol, setelah sebelumnya menutup operasinya di Prancis dan India. Namun, Chris Feng menegaskan bisnis Shopee bakal tetap berjalan di Meksiko, Chili, dan Asia Tenggara.

"Bisnis kami akan terus beroperasi seperti biasa di Shopee Meksiko, Argentina, Chili, serta untuk ShopeeFood dan ShopeePay di Asia Tenggara. Kami berkomitmen untuk memberikan tingkat dukungan yang sama kepada pengguna, mitra, dan pedagang kami di semua pasar ini," papar Feng.

Memo itu tidak merinci negara-negara Asia Tenggara mana yang akan terkena dampak PHK. Yang jelas, Shopee memiliki operasi besar di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Filipina, dengan kantor pusat regional di Singapura.

"Saya telah menambahkan bahwa perusahaan sudah melakukan yang terbaik yang kami bisa untuk mendukung pekerja yang terkena dampak, karena langkah tersebut akan berdampak besar pada mereka dan keluarga mereka," ungkap Feng.

Sejak kemarin detikcom sudah mencoba mengkonfirmasi pihak Shopee Indonesia apakah PHK akan terjadi di Indonesia juga atau tidak. Namun, sampai saat ini belum ada jawaban.

(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT