The Real Crazy Rich, Kakek 91 Tahun Sumbang Rp 59 T ke Badan Amal

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 16 Jun 2022 14:33 WIB
Warren Buffett suka fast food
Foto: Getty Images
Jakarta -

Crazy Rich Warren Buffett menyumbangkan kekayaannya sekitar US$ 4 miliar atau Rp 58,8 triliun (kurs 14.700) untuk kegiatan amal. Ada lima badan amal yang mendapat bantuan dari bos Berkshire Hathaway Inc ini.

Mengutip dari Reuters, Kamis (16/6/2022), Bill & Melinda Gates Foundation Trust menjadi salah satu badan amal yang mendapat bantuan Buffet. Badan amal milik Bill gates itu mendapat bantuan berupa 11 juta saham Berkshire Hathaway Inc.

Susan Thompson Buffett Foundation mendapat jatah 1, 1 juta saham. 700 ribu saham lainnya diberikan masing-masing kepada yayasan yang dijalankan anak-anak Buffet, yaitu Yaitu Yayan Howard G. Buffett, Yayasan Sherwood, dan Yayasan Novo.

Buffet yang kini berusia 91 tahun telah menyumbangkan lebih dari setengah saham Berkshire sejak 2006. Total sumbangannya diperkirakan mencapai US$ 45,5 miliar atau Rp 668,8 triliun.

Terlepas dari donasi itu, Buffet masih memiliki sekitar 16% dari Berkshire dan mengendalikan sekitar sepertiga dari hak suaranya di perusahaan tersebut. Mengutip dari Forbes, kekayaan Buffet saat ini mencapai USS 100,9 miliar atau Rp 1,470 triliun.

Saat ini Buffet menempati posisi lima orang paling kaya di dunia. Buffet terkenal sebagai investor sukses dan memiliki lusinan bisnis seperti BNSF Railroad, asuransi mobil Geico, saham seperti Apple Inc (AAPL.O) dan Bank of America Corp (BAC. N).

Dia dan Bill Gates juga memelopori "The Giving Pledge," di mana lebih dari 200 orang seperti Michael Bloomberg, Larry Ellison, Carl Icahn, Elon Musk dan Mark Zuckerberg menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk filantropi.



Simak Video "Sekuel 'Crazy Rich Asians' Segera Hadir dengan Penulis Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)