ADVERTISEMENT

Manggarai Mau Jadi Stasiun Sentral tapi Nggak Punya Parkir Resmi buat Mobil

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 17 Jun 2022 13:23 WIB
Suasana Jalan Akses Menuju Stasiun Manggarai
Foto: Suasana Jalan Akses Menuju Stasiun Manggarai (Shafira Cendra Arini/detik.com)
Jakarta -

Stasiun Manggarai rencananya akan menjadi stasiun sentral di Jakarta. Namun sangat disayangkan, stasiun ini ternyata belum memiliki tempat parkir mobil.

Hal ini menyebabkan para pengunjung stasiun memilih untuk parkir di stasiun lain baru kemudian naik kereta ke stasiun ini atau nekat parkir di tempat parkir liar.

Salah satu petugas loket parkir motor, Iqbal mengatakan biasanya para pengunjung yang membawa mobil lebih memilih untuk parkir di Stasiun Matraman.

"Biasanya itu parkir di Stasiun Matraman situ. Nah dari situ baru naik kereta ke sini," ujar Iqbal.

Iqbal mengatakan memang pihak Stasiun Manggarai baru menyediakan dua lahan parkir untuk motor. Lahan parkir yang iqbal jaga memiliki kapasitas sekitar 100-200 kendaraan.

Petugas loket parkir di lahan parkir motor lainnya, Zikri menyatakan hal yang sama. Meski begitu, dia mengatakan ada juga pengunjung yang memilih untuk parkir di lahan parkir liar.

"Itu ada juga yang parkir di depan-depan sana yang berjejer itu (menunjuk jajaran mobil yang terparkir di samping SMK). Itu dikelolanya sama warga sini nih. Tinggal laporan aja. Dijaganya juga sama TNI," ujar Zikri.

Zikri mengatakan kalau selama ini parkiran tersebut aman dan tidak pernah ada masalah. Pun dia menambahkan, parkir juga bisa dikondisikan di dalam area SMK selama dikelola oleh warga lokal. Warga pun mengkondisikan agar kendaran-kendaraan yang terparkir itu tidak mengganggu lalu lintas.

Menanggapi hal ini, salah satu petugas Stasiun Manggarai, Adji mengkonfirmasi memang benar belum ada lahan yang tersedia untuk parkir mobil. Dia menambahkan saat ini pihak stasiun tengah berfokus pada pembangunan di area dalam stasiun.

"Memang tidak ada. Mungkin setelah pembangunan yang di dalam ini selesai, baru mulai buat lahan parkir," ujar Adji.

Meski begitu, Adji mengatakan kalau pengunjung Stasiun Manggarai memang tergolong sedikit jika dibandingkan dengan Stasiun Tebet dan Cawang sehingga sejauh ini belum ada masalah menyangkut lahan parkir.

"Orang kesini itu kebanyakan transit, jadi mereka sudah di dalam. Tapi kalau yang melalui gerbang depan ini keluar masuk itu sedikit. Kalau Tebet saja bisa capai 20.000 orang, disini mungkin hanya sekitar 10.000an," tambahnya.

Lihat juga video 'Penumpang Minta Atap Bocor di Stasiun Manggarai Segera Diperbaiki':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT