ADVERTISEMENT

Manggarai Mau Jadi Stasiun Sentral, Fasilitas di Ruang Tunggunya Masih Minim

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 17 Jun 2022 15:32 WIB
Rute baru KRL menyebabkan Stasiun Manggarai dipadati penumpang. Petugas hingga pasukan Brimob dikerahkan untuk mencegah kepadatan dan membantu penumpang.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pembangunan infrastruktur di Stasiun Manggarai terus dilakukan demi mempersiapkan stasiun yang akan jadi pusat pergerakkan kereta di Jakarta itu. Meski begitu, fasilitas ruang tunggu bagi para pengunjung yang menunggu datangnya kereta terbilang masih minim.

Hal tersebut terlihat dari suasana stasiun siang ini, di mana para pengunjung duduk di emperan area kereta api jarak jauh. Meski sebetulnya fenomena ini telah berlangsung jauh sebelum adanya wacana Manggarai sebagai stasiun sentral, terlihat belum ada perubahan yang berarti dari ketersediaan fasilitas tersebut.

Salah seorang petugas penjaga peron mengaku memang fasilitas tempat duduk di area koridor dekat pintu masuk ini terbilang minim. Meski begitu, tetap ada satu dua kursi panjang yang letaknya cukup jauh dari area tempat pengunjung beraktivitas.

"Ya di sini lah area ruang tunggunya, sepanjang koridor ini. Sebetulnya ada kursi, tapi cuma satu dua itu (menunjuk area dekat toilet yang jaraknya cukup jauh)," ujar dia.

Dia juga menambahkan kursi tersebut kosong karena berada di bagian ujung koridor. Pun para pengunjung lebih memilih untuk duduk di emperan dan tangga-tangga kereta karena lebih dekat dengan area cafe dan mini market.

Meski begitu, dia menambahkan kalau cukup banyak kursi yang tersedia di area peron KRL

Erna, salah satu pengunjung Stasiun Manggarai mengaku memang benar di sepanjang peron KRL terdapat fasilitas tempat duduk. Meski begitu, posisinya cukup jauh dari area koridor utama dan jumlahnya juga tidak seberapa. Hal ini mengharuskan dirinya yang lelah menempuh perjalanan untuk duduk di area tangga-tangga tempat kereta api jarak jauh melintas.

"Kita kan cape ya mba. Tapi ya gimana, di koridor ini tidak ada kursinya. Makanya orang-orang jadi duduk di emperan dan tangga," ujar Erna.

Erna juga menambahkan, sebenarnya ada kursi di area dekat toilet. Tapi karena posisinya cukup jauh dari pintu masuk dan area mini market, alhasil kursi-kursi tersebut kosong tanpa penghuni. Pun jumlahnya sangat terbatas, yakni dua kursi panjang dengan kapasitas 3-4 orang.

"Iya cukup jauh di ujung sana. Mau gimana lagi, kalau disediakan di area ini mungkin pada duduknya di kursi," ujar Erna.

Erna menambahkan kalau perlu adanya pembenahan dalam hal ini, ditambah lagi Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun sentral di Jakarta.

"Ini juga untungnya belum beroperasi ya kereta jarak jauhnya. Kalau nanti sudah, pasti orang-orang yang duduk di sini mengganggu ya," tambahnya.

Dari fenomena ini terlihat bahwa fasilitas ruang tunggu terbilang masih minim dan sangat diperlukan di stasiun ini, terutama di area koridor dekat pintu keluar masuk, tempat orang beristirahat dari perjalanan. Koridor ini pun dirasa strategis bagi para pengunjung karena dekat dengan cafe dan mini market.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT