ADVERTISEMENT

Kunci Sukses Bisnis Syariah: Teknologi dan Kolaborasi

Edward F. Kusuma - detikFinance
Senin, 20 Jun 2022 18:02 WIB
Jakarta -

Kunci sukses terjun sebagai muslim-preneur dengan memanfaatkan modal secara syariah. Setelah itu, buka kesempatan yang luas dalam teknologi marketplace dan kolaborasi.

"Saya rasa tinggal kita meminta mas doa masuk ke urusan teknologi, supaya barang bisa ditawarkan ke marketplace, di satu sisi supaya orang di New York atau di Paris, bisa tahu juga barang kayak apa, di Turki bisa tahu barang kayak apa. Sehingga bisa dapat purchase order dari luar negeri," ujar
Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia Adiawarman A. Karim dalam acara d'Mentor detikcom, Kamis (16/6/2022).

Adiawarman mengatakan, jangan sekedar masuk ke marketplace. Tetapi, seseorang perlu memahami karakter dan segment dari pasar melalui jaring informasi teknologi.

"Sehingga bisa produksi barang-barang yang berbeda, kalau kita jalan-jalan ke Bali misalnya itu banyak sekali barang-barang, dapat inspirasi dari luar negeri lalu di produksi di Bali. Walaupun dari Bali produksi di Jawa Tengah tapi showroom ada di Bali, mudah-mudahan bisa berikan insight," ujar Adiawarman.

Sementara itu, ahli Ekonomi Syariah IPB Irfan Syauqi Beik menyarankan seorang muslim-preneur juga perlu memanfaatkan pengembangan permodalan dari sisi syariah. Penguatan modal bisa diambil dari sisi Bank atau Fintech Syariah.

"Pengembangan permodalan pilihan atau opsi-opsi untuk penguatan permodalan dari sisi syariah itu sudah semakin banyak selain perbankan kita bisa manfaatkan channel-channel lain," ujar Irfan.

Irfan juga memberikan saran di era digital, kunci sukses lainnya adalah kolaborasi atau sinergi antara pengusaha. Sehingga dari kolaborasi ini akan membangun ekosistem yang besar.

"Kolaborasi jadi penting, apalagi sekarang hampir di setiap lini industri ada asosiasi ada perkumpulannya, nah itu juga bisa menjadi tempat kita untuk menimba pengalaman atau berbagi informasi termasuk juga pengembangan strategi kolaborasi, jadi saran saya mas doa kalau bisa di era sekarang sinergi kolaborasi partnership itu saya kira perlu terus dikembangkan karena era-nya seperti itu, nah sehingga kalau itu bisa didorong nanti secara otomatis jadi bagian ekosistem syariah itu sendiri," pungkasnya.

Saksikan juga video lengkap d'Mentor: Belajar Bisnis Syariah

[Gambas:Video 20detik]



(edo/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT