ADVERTISEMENT

Protes Aset Disita, Anak Kaharudin Ongko Ngaku Tak Pakai Duit BLBI

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 16:23 WIB
Infografis aset besan Setya Novanto yang disita Satgas BLBI
Foto: Ilustrasi penyitaan aset terkait BLBI/Infografis detikcom/Mindra Purnomo
Jakarta -

Irjanto Ongko tak terima dua asetnya disita Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI). Irjanto, anak dari salah satu obligor BLBI Kaharudin Ongko, mengaku tidak pernah terlibat dalam perjanjian Master Refinancing And Note Issuance Agreement (MRNIA) pada 18 Desember 1998.

Hal itu dikatakan Kuasa Hukum Irjanto Ongko, Fransiska Xr. Wahon dari kantor hukum FW & Rekan. Atas dasar itu lah kliennya menggugat Satgas BLBI ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta pada 7 Juni 2022.

"Sebagai informasi penting bahwa Bpk Irjanto Ongko tidak pernah menjadi ataupun bertindak sebagai obligor dan tidak pernah terlibat urusan BLBI, serta tidak pernah terlibat penandatanganan perjanjian MRNIA tertanggal 18 Desember 1998," kata Fransiska dalam keterangannya yang diterima detikcom, Kamis (23/6/2022).

Fransiska menyebut Irjanto Ongko tidak pernah memanfaatkan atau mempergunakan dana BLBI. Kliennya itu juga dipastikan tidak pernah menerima warisan dalam bentuk apapun yang bisa dikaitkan oleh negara atas aliran dana BLBI.

"Selaku anak dari Kaharudin Ongko, Irjanto Ongko tidak pernah memanfaatkan dan/atau mempergunakan dana BLBI. Sehingga dan karenanya penyitaan yang telah dilakukan oleh Satgas BLBI adalah tidak sah dan tidak berkekuatan hukum. Adapun kepemilikan SHM 553 dan SHM 554 telah dimiliki oleh Bpk. Irjanto Ongko sebelum adanya MRNIA," terang Fransiska.

Atas pertimbangan itu Satgas BLBI dituding telah melakukan pelanggaran. Irjanto Ongko pun telah menyerahkan perkara ini ke PTUN Jakarta dan mengaku akan mengikuti semua prosesnya.

"Bpk. Irjanto Ongko menyerahkan dan mempercayakan sepenuhnya pemeriksaan perkara ini kepada PTUN Jakarta yang dinilai akan berlaku profesional dan objektif dalam menangani dan memeriksa serta memutus perkara," imbuhnya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Lihat juga Video: Sita Hotel & Lapangan Golf, Mahfud: Tak Puas, Tempuh Jalur Hukum!

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT