ADVERTISEMENT

Jerman di Pinggir Jurang Resesi, Rusia Penyebabnya!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 24 Jun 2022 10:49 WIB
The german Reichstag with a dedication to the people in the German capital Berlin
Foto: Getty Images/iStockphoto/Achim Schneider / reisezielinfo.
Jakarta -

Jerman tertimpa masalah besar akibat seretnya pasokan gas dari Rusia. Dikutip dari Reuters disebutkan, Jerman saat ini sudah berada di ambang krisis energi akibat pemutusan gas tersebut.

Memang negara Barat seperti Uni Eropa memberikan sanksi untuk Rusia setelah invasi yang dilakukan ke Ukraina. Jerman sebenarnya adalah salah satu negara yang tergantung pada gas Rusia.

Dengan pasokan gas yang semakin sulit itu, Jerman bisa masuk ke jurang resesi. Terlebih jika gas benar-benar dihentikan oleh negara yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin itu.

Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck menyebutkan jika pembatasan pasokan gas merupakan serangan yang digencarkan Rusia untuk Jerman.

"Sekarang, gas langka di Jerman. Karena itu masyarakat harus mengurangi konsumsi gas, apalagi sekarang sudah masuk musim panas," ujar Habeck dikutip dari Reuters, Jumat (24/6/2022).

Pihak Rusia membantah menghentikan pasokan gas secara tiba-tiba.

Jerman saat ini menyediakan pendanaan US$ 15,76 miliar untuk penyimpanan pasokan gas dan menggelar lelang gas pada musim panas tahun ini. Namun tetap meminta pengguna untuk melakukan penghematan gas.

Habeck menyebut ke depan pasokan gas dan harga masih belum kembali ke jalur normal. "Jika kondisi ini tak membaik, maka seluruh pasar akan mengalami guncangan seperti efek Lehman Brothers tapi dalam sektor energi," jelas dia.

Pada kuartal I 2022 Jerman telah mengimpor 22% gas alam. Namun biaya yang dikeluarkan melonjak hingga 170% dibandingkan periode yang sama.



Simak Video "Pasokan Gas dari Rusia Berkurang, Krisis Sosial Ancam Jerman "
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT