ADVERTISEMENT

Viral PHK Karyawan Pabrik Sepatu Nike, Kemnaker Buka Suara

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 30 Jun 2022 11:12 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Belakangan viral video karyawan PT Victory Chingluh Indonesia terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dalam video yang beredar di media sosial, PHK dilakukan kepada karyawan yang tengah menjalani masa percobaan (training) di bawah tiga bulan.

Berdasarkan keterangan salah satu karyawan PT Victory Chingluh Indonesia, awalnya karyawan yang statusnya masih masa percobaan tiga bulan dikumpulkan di kantin.

"Langsung PHK hari itu, padahal tanggal 11 Juli mereka seharusnya lulus masa percobaan," kata salah satu karyawan yang tidak ingin disebutkan namanya kepada detikcom, Rabu (29/6) kemarin.

Menanggapi hal itu, Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan perlu ada beberapa hal yang harus didalami dan diperiksa. Juru Bicara Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Dita Indah Sari Dita juga menjelaskan, hal yang harus diperiksa di antaranya status dari pekerja yang dikenai masa percobaan.

"Menurut aturan, masa percobaan hanya boleh diterapkan pada pekerja yang berstatus tetap. Jika pekerja-pekerja itu berstatus kontrak maka tidak boleh ada masa percobaan," ujarnya kepada detikcom, Kamis (30/6/2022).

Kemudian, untuk PHK bagi pekerja dalam masa percobaan, harus dilihat penyebabnya. Menurutnya, penyebab PHK akan berkaitan dengan hak-hak yang akan didapat pekerja.

"Jika PHK tersebut karena pekerja yang bersangkutan meninggal dan atau pekerjaannya sudah selesai, maka si pekerja tidak berhak atas uang gaji sisa masa percobaannya yang belum dibayar," jelasnya.

"Namun jika ada alasan dari perusahaan bahwa ada keadaan khusus karena order berkurang. Pertanyaannya adalah, apakah klausul 'keadaan khusus' ini dicantumkan dalam perjanjian masa percobaannya?" tambahnya.

Menurutnya, jika tidak dicantumkan maka perusahaan harus membayar penuh seluruh gaji karyawan selama masa percobaan itu, full tiga bulan.

"Meskipun mereka belum bekerja selama 3 bulan," ungkapnya.

Sebagai informasi, isu PHK dari PT Victory Chingluh berawal dari video yang beredar di media sosial Instagram. Ada sejumlah akun mengunggah video tersebut, salah satunya akun @abouttng.

Dalam video tergambar, sejumlah karyawan meneriakkan penolakan akan PHK yang dilakukan. Dalam video terlihat sejumlah karyawan berdiri menyuarakan hal yang sama.

"Tolak-tolak PHK, tolak PHK sekarang juga," suara gemuruh karyawan dengan tepukan tangan dalam gedung PT Victory Chingluh Indonesia.

"Buruh bersatu tidak bisa dikalahkan," lanjut gemuruh karyawan.

Informasinya, PHK ini dilakukan kepada karyawan yang masih melakukan masa percobaan (training) di bawah tiga bulan. Alasannya, diduga perusahaan sedang mengalami penurunan pesanan 30%.



Simak Video "Fans Ziarah dan Doa Bersama di Makam Nike Ardilla"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT