ADVERTISEMENT

Airlangga Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Mentor di Pemerintahan dan Politik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 01 Jul 2022 16:24 WIB
Airlangga Kenang Tjahjo Sebagai Mentor di Pemerintahan dan Politik
Airlangga Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Mentor di Pemerintahan dan Politik/Foto: Sylke Febrina/detikcom
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melayat mendiang Menteri PANRB Tjahjo Kumolo di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Airlangga menyampaikan jika Tjahjo sebelum di PDIP pernah menjadi kader Partai Golkar dan menjadi mentor banyak orang termasuk dirinya. "Selama di kabinet, kami cukup dekat dan sering bertukar informasi dan juga tentu sangat membantu di dalam proses terkait perubahan atau perputaran ASN," kata dia saat ditemui di Widya Chandra, Jumat (1/7/2022).

Dia mengaku sangat kehilangan sosok Tjahjo Kumolo yang sering kali memberikan data dan masukkan terkait pemerintahan maupun politik. "Saya sangat kehilangan seorang yang sangat baik," jelas dia.

Menurut dia, kala Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri PANRB dan Menteri Dalam Negeri tidak pernah menyulitkan pejabat eselon. Semuanya dikatakan berproses dengan baik.

"Pak Tjahjo pernah memberikan saya satu lembar data yang sangat berguna itu soal pemerintahan dan politik," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7) siang ini.

Tjahjo dalam perjalanannya sebagai MenPAN-RB sempat merancang aturan baru untuk menaikkan besaran tunjangan pensiunan untuk PNS.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT