Mainan China Masih Jadi Raja di Pasar Gembrong, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Mainan China Masih Jadi Raja di Pasar Gembrong, Ini Alasannya

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 16:26 WIB
Pasar Gembrong/Ilyas Fadhillah detikcom
Foto: Pasar Gembrong/Ilyas Fadhillah=detikcom
Jakarta -

Pasar Gembrong di Cipinang, Jakarta Timur menjadi salah satu pusat penjualan mainan yang populer hingga sekarang. Di pasar ini tersedia berbagai jenis mainan, mulai dari mainan lokal hingga mainan impor.

Dari penelusuran detikcom di lokasi, Selasa (5/7/2022), mainan impor asal China masih menjadi 'raja' di Pasar Gembrong.

"Ini banyaknya dari China, hampir semuanya. Kalau dibandingin sama yang lokal, paling yang lokal cuma 10%-20% lah," kata salah satu pedagang mainan di Pasar Gembrong, Ali.

Lakunya mainan impor asal China disebabkan karena beberapa alasan. Menurut Ali, mainan impor memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan mainan lokal.

"Dari bahannya bisa kelihatan, yang lokal ini lebih tipis, tapi kalau yang impor bungkusnya aja udah beda. Jadi kalau mau yang murah banyak yang pilih lokal, kalau mau kualitas ya impor," sambung Ali.

Ali mencontohkan perbandingan antara alat masak mainan impor dan lokal. Alat masak mainan impor bisa dihargai sekitar Rp 200 ribu. Sementara produk sejenis dari lokal harganya hanya sekitar Rp 150 ribu.

Terkait produk mana yang lebih laku, menurut Ali hal tersebut tergantung selera dari konsumen. Namun, mainan dari China diakuinya cenderung lebih laku.

"Kalau mau yang bagus memang yang China lebih laku. Tapi bukan berarti yang lokal nggak laku juga," ungkap Ali.

Selain China, sebagian kecil mainan di Pasar Gembrong diimpor dari negara lain. Action Figure Bandai misalnya, yang diimpor dari Jepang. Sementara mobil mainan Hot Wheels diimpor dari Malaysia.

Sementara itu, Faisal, pedang mainan lain yang melapak sekitar 500 meter dari ruko Ali mengungkapkan hal yang sama. Stok mainan di tokonya dibanjiri produk asal China.

Adapun perbandingannya adalah sekitar 80% produk impor, dan 20% produk lokal. Jenis mainan impor China antara lain mobil mainan, alat masak mainan, action figure, dan lain-lain.



Simak Video "Korban Kebakaran Pasar Gembrong Alami Luka Bakar Hingga Sakit Kepala"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT