Kena Deh! 129 Penjual Minyakita di Atas Rp 14.000/Liter Disikat Kemendag

ADVERTISEMENT

Kena Deh! 129 Penjual Minyakita di Atas Rp 14.000/Liter Disikat Kemendag

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 08 Jul 2022 14:27 WIB
Mendag Zulkifli Hasan resmi meluncurkan minyak goreng curah dalam kemasan sederhana. Dalam kesempatan itu, Zulhas juga sempat melayani warga yang membeli migor curah.
Minyakita/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah baru saja merilis minyak goreng kemasan sederhana bernama Minyakita. Peluncuran Minyakita dilakukan pada Rabu 6 Juli kemarin dengan harga Rp 14.000 per liter atau sesuai harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah.

Namun, baru sehari dirilis, pelanggaran penjualan langsung muncul di toko online. Minyakita banyak dijual pelapak online di berbagai e-commerce dengan harga di atas Rp 14.000 per liter.

Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan telah menelusuri di beberapa platform e-commerce soal pelanggaran penjualan Minyakita.

Hasilnya, ditemukan 129 tautan atau link pedagang (merchant) yang menjual Minyakita di atas HET Rp 14.000 per liter. Maka dari itu, Kemendag yang bekerja sama dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) telah melakukan take down pada penjualan Minyakita di atas HET.

"Kemendag berkoordinasi dengan idEA dan anggotanya untuk melakukan penurunan (take down) terhadap tautan penjualan Minyak Kita di atas HET. Selain itu, dilakukan pengawasan mandiri terhadap para pedagang di masing-masing platform agar menjual Minyak Kita sesuai HET sehingga kebutuhan minyak goreng masyarakat dapat terpenuhi," tulis Kemendag dalam keterangan resminya, Jumat (8/7/2022).

Sebelumnya, Berdasarkan pantauan detikcom, Kamis (7/7/2022), Minyakita dijual di salah satu toko online dengan harga Rp 22.000-24.000 per liter. Ada juga yang menjualnya satu dus isi 12 kemasan dengan harga Rp 260.000.

"Dikirim dari Kota Surabaya-Tegalsari, Jawa Timur. Minyak goreng sawit divortifikasi vitamin A, dari buah sawit berkualitas, diproses dengan 2 kali penyaringan, higienis," klaim penjual dalam rincian produknya.

Minyakita dijual hingga Rp 35.000 per liter. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT