ADVERTISEMENT

Sandiaga Ungkap Alasan Operator Bandara Naikkan Airport Tax

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 15 Jul 2022 18:15 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno/Foto: dok. Humas Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno buka suara soal kabar naiknya tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) alias airport tax. Sandiaga mengaku sudah mendapatkan laporan naiknya airport tax dari beberapa pengelola bandara.

Kenaikan airport tax disebabkan peningkatan biaya operasional bandara usai pandemi COVID-19 mereda. Sandiaga bilang kenaikan airport tax juga dapat membuat bandara menyesuaikan operasinya agar lebih ramah lingkungan.

"Sebagian sudah melaporkannya karena peningkatan biaya operasi dan juga penyesuaian agar bandara bisa (beroperasi) sesuai dengan enviromental sustainability. Disesuaikan juga adaptasinya, disesuaikan pasca pandemi dengan naiknya biaya operasi dari masing-masing bandara," kata Sandiaga Uno ditemui di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Jumat (15/7/2022).

Soal imbas naiknya airport tax ke harga tiket pesawat, Sandiaga mengatakan pemerintah sudah memikirkan solusinya dengan menambah frekuensi penerbangan berbagai maskapai. Sudah ada beberapa maskapai diminta untuk meningkatkan frekuensi penerbangan.

Di sisi lain, kenaikan harga tiket pesawat dikarenakan jumlah pesawat yang tidak sebanding dengan permintaan.

"Hal ini (tiket naik) tadi kita diskusikan bersama. Tadi ada juga pak Menhub. Jadi, dengan penambahan jumlah penerbangan, ada beberapa maskapai komit seperti Air Asia, Lion Group, dan Pelita Air nanti kuantitas penerbangan bisa ditingkatkan, sehingga harga tiket bisa diturunkan," papar Sandiaga.

Sandiaga berharap solusi yang diberikan pemerintah dapat menahan kenaikan harga tiket pesawat saat airport tax juga naik.

"Tentunya kita harapkan nggak naik, karena kan avtur juga mahal. Cuma dengan penambahan jumlah penerbangan dan penambahan jumlah kursi bisa tak meningkatkan harga tiket makin mahal," ujar Sandiaga.

Kabar kenaikan airport tax di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT