ADVERTISEMENT

Tebar Bonus-Omzet Melejit, Ini 3 Fakta Esteh Indonesia yang Jadi 'BUMN'

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 19 Jul 2022 21:30 WIB
Esteh Indonesia
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

PT Esteh Indonesia Makmur pada Kamis (14/7) membuat pengumuman bahwa Nagita Slavina resmi sebagai CEO perusahaan. Kehadiran istri dari Raffi Ahmad itu memberikan berkah tersendiri bagi pegawai dan outletnya.

Berikut 3 faktanya:

1. Esteh Indonesia Jadi BUMN, Pegawai PNS

Sejak bergabungnya Nagita Slavina, kini muncul konotasi yang seakan jadi melekat di Esteh Indonesia. Perusahaan itu disebut menjadi 'BUMN' alias Badan Usaha Milik Nagita dan karyawannya menyandang status 'PNS' alias Pegawai Nagita Slavina.

"Mohon support dan doanya yang terbaik dan harapan yang tinggi untuk Esteh Indonesia berkembang lebih hebat ya! Finally karyawan Esteh Indonesia SAH jadi PNS gais, Pegawai Nagita Slavina," tulis akun Instagram resmi Esteh Indonesia.

2. Esteh Indonesia Tebar Bonus

Dalam video yang pernah diunggah di akun official Esteh Indonesia, semua pegawai terlihat bersorak riang dan bahagia karena terdapat sejumlah uang yang masuk ke rekeningnya masing-masing. Jumlah bonus yang dibagikan beragam, namun yang tampak dalam video tersebut jumlahnya sekitar Rp 4,5 juta hingga Rp 4,7 juta.

Meski begitu, bonus didapat pegawai Esteh Indonesia bagi yang bekerja di kantor saja, yang lokasinya terletak di Bogor. Informasi itu diketahui dari salah satu pegawai di outlet pusat yang mengaku tidak ikut mendapat bonus.

"Kalau di outlet enggak, (jadi yang di kantor saja). Walaupun (outlet) pusat tetap nggak dapat, jadi yang di kantor aja," kata pegawai bernama Dila saat ditemui di outlet Esteh Indonesia, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (19/7/2022).

Dila memahami pegawai Esteh Indonesia di outlet tidak ikut mendapat bonus karena outlet kebanyakan dalam bentuk franchise. Perusahaan kedai minuman itu memang berkonsep waralaba dengan jumlah 504 outlet per Januari 2022, berdasarkan website resminya.

"Soalnya kalau outlet kan kebanyakan franchise, kalau misalnya dibagi juga nanti kasihan franchise yang lain," tuturnya.

3. Omzet Esteh Indonesia Melejit

Pengumuman bergabungnya Nagita Slavina di Esteh Indonesia juga berdampak positif terhadap outlet yang menjadi lebih ramai. Berdasarkan pengakuan salah satu pegawai, dirinya mengaku bisa membuat sampai 200 gelas per hari.

"Makin ramai sih jatohnya. Parah, makin ramai. Sejak Nagita masuk jadi ramai makin ke sini, walaupun sebelumnya juga sudah ramai," kata Jerry saat ditemui di outlet franchise Esteh Indonesia di Deplu Bintaro, Jakarta Selatan, Selasa (19/7/2022).

"Habis 200 cup sekitar Rp 4-5 jutaan, sebelumnya paling 150 cup. Kalau lagi musim hujan paling ya sepi," tambahnya.

Jerry mengaku sampai kewalahan menghadapi pengunjung saking antrenya. Maklum, dia lebih sering bekerja sendiri karena jumlah pegawai di outlet yang sifatnya franchise itu terbatas.

"Sampai kewalahan karena sendiri, customer nggak sabaran, kadang 1 orang bisa pesan sampai 15 gelas," tuturnya.

Hal serupa juga terjadi di outlet pusat Esteh Indonesia daerah Pamulang, Tangerang Selatan. Salah satu pegawai bernama Dila menyebut omzetnya bisa mencapai lebih dari Rp 5 juta per hari dari 300-500 cup yang terjual.

"Kalau di sini memang sebelumnya sudah ramai, jadi ramai terus. Satu hari bisa 3-5 juta. Kalau gelasnya 200-300 cup, kalau ramai bisa sampai 500 cup," bebernya.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT